Menjawab Tantangan Perubahan Sistem Sekolah Tatap Muka menjadi Online/Daring 

Bagaimana LSM dapat membantu tantangan perubahan sistem sekolah tatap muka menjadi online?

 

Pendidikan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan Negara. Kualitas pendidikan secara langsung juga akan menentukan kualitas kehidupan masyarakat Negara tersebut. Melalui pendidikan, ekonomi dapat ditingkatkan, dan sebaliknya, tingkat kriminalitas diturunkan.

Nyatanya Indonesia masih harus membenahi sistem pendidikannya dari banyak aspek seperti sarana dan prasarana, sumber daya manusia serta kemampuan mendapat informasi dari teknologi yang masih sangat terbatas. Saat ini masih banyak sekolah di daerah-daerah terpencil yang belum bisa dikatakan layak apalagi ideal untuk dijadikan acuan meningkatkan kualitas pendidikan. Masih ada sekolah yang bangunan dan ruang kelasnya tidak terstandarisasi, jumlah gurunya tidak memadai sehingga murid membludak dalam satu sesi belajar, dan kondisi-kondisi lainnya. 

 

Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Namun bagaimanapun, pendidikan di Indonesia di sisi lain juga telah mengalami proses panjang yang berisi banyak perubahan menuju kebaikan. Tentu saja perjuangan Negara kita mewujudkan pendidikan yang ideal masih akan terus berlangsung, karena memang masih ada banyak aspek yang perlu ditingkatkan. Kalau kita melihat sedikit ke belakang, sistem pendidikan Indonesia terlepas dari standar bangunan dan fasilitas, juga kerap dianggap kaku dan kurang efektif. Keberadaan guru menjadi fokus utama di dalam kelas, padahal seharusnya murid-lah yang menjadi pelaku utama kegiatan belajar mengajar.

Sistem pendidikan Indonesia ini perlu perubahan yang dapat dicapai dengan adanya kerjasama dari semua pihak. Pertama, dari pihak sekolah yang memiliki otoritas membuat kebijakan, meningkatkan kualitas pengajar, menyusun sistem belajar serta menyediakan fasilitas. Kemudian dari pengajar atau guru yang juga harus berkomitmen memberi pendidikan terbaik bagi anak didiknya. Selanjutnya kerjasama murid sebagai bagian paling penting untuk mensukseskan sistem belajar yang diharapkan lebih ideal ini, dan tidak ketinggalan peran orang tua juga dibutuhkan.

Adapun sistem belajar ideal yang dimaksud adalah sistem belajar terstruktur yang menjadikan siswa sebagai fokus dan pelaku utama kegiatan belajar mengajar. Sehingga siswa memiliki kemampuan berpikir yang lebih kritis, mampu menganalisa soal atau masalah yang diberikan padanya, menciptakan solusi, memiliki keterampilan dasar yang mumpuni untuk siap terjun ke dunia kerja serta siap bersaing dalam berbagai hal dengan Negara lain di masa depan.

Pendidikan di Masa Pandemi

 

Keberadaan situasi pandemi membuat sistem pendidikan di Indonesia mau tidak mau harus berubah. Sekolah tatap muka kini dilakukan secara daring atau online. Meski menimbulkan tantangan baru dalam berbagai aspek, banyak yang berharap bahwa tren sekolah online akan memicu perubahan baik dalam sistem pendidikan di Indonesia. Membuatnya jadi lebih dinamis, mengedepankan keaktifan siswa sebagai fokus utama, dan meminimalisir kemungkinan guru memaparkan ilmu hanya dari isi buku saja, atau text book.

Sekolah online atau daring juga membuat banyak pihak mau tidak mau beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi. Sekolah, guru maupun murid serta orang tua jadi lebih akrab memanfaatkan teknologi berbasis internet dalam kegiatan sehari-hari. Namun, yang menjadi persoalan adalah bagaimana sistem belajar melalui sekolah daring tetap dapat memenuhi standar pendidikan ideal yang diharapkan?

Jawabannya adalah dengan mengadopsi konsep Learning Management System. Tentu saja harus dimulai dari sekolah-sekolah di kota besar yang memiliki kemampuan untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring sesuai standar yang mumpuni.

Apa itu LMS dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Learning Management System atau LMS adalah aplikasi software yang dibutuhkan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran seperti sekolah atau guru, membuat, mendistribusikan dan mengelola program pembelajaran. Sistem ini dapat memperlihatkan kelas yang direkam sebelumnya dan materi tertulis layaknya pembelajaran tatap muka dengan fitur yang mudah diakses dan mampu mengirim tugas layaknya interaksi belajar mengajar di kelas.

LMS membantu semua pihak yang memiliki kepentingan akan proses berlajar mengajar mendapat informasi dan mengerjakan bagiannya dengan perangkat lunak yang mudah digunakan. Hal ini tentu membantu proses belajar mengajar jadi lebih terorganisir dan transparan.

LMS bekerja melalui jaringan internet. Setelah Software LMS diaplikasikan, maka sekolah dan guru akan mendapatkan akses berupa dashboard, cloud dan bantuan Artificial Intelligence (AI) yang memudahkan pengelolaan program pembelajaran pada pembelajaran online (e-Learning).

First Klaz dari First Media Business salah satu solusi dengan pengaplikasian sistem LMS, Platform ini memberikan Ruang Kelas, Notifikasi Chat, Analysis Report & Certificate, Forum Diskusi, Manajemen Sistem, Dashboard, Materi Belajar, dan Webinar untuk guru, dan murid.

Melalui First Klaz guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran mereka di mana saja, yang memungkinkan mereka belajar sesuai jadwal dan progress mereka sendiri. Semua informasi penting tersimpan di cloud yang terintegrasi di platform LMS, sehingga guru dan murid dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan melalui satu platform. Cloud yang terintegrasi juga memberikan kemudahan siswa untuk melihat kembali materi belajar selama 24 jam.

Dengan LMS, guru dapat dengan mudah membuat, memantau dan mengidentifikasi perkembangan proses belajar siswa secara lengkap dengan cepat. Dan di saat bersamaan, pihak administrator dari sekolah juga dapat memastikan bahwa para guru telah benar-benar memanfaatkan teknologi ini dengan efektif dan efisien.

Tren Pendidikan di Masa yang Akan Datang

Nantinya, setelah pandemi berlalu, diharapkan sistem pembelajaran di sekolah-sekolah telah memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pendidikan. Sehingga sistem sekolah daring tidak serta merta ditinggalkan begitu saja, namun dipadukan dengan sistem belajar tatap muka seperti sebelumnya, menjadi tren blended learning. Sehingga manfaat dari masing-masing metode dapat diambil untuk melengkapi satu sama lain dan menghasilkan sistem belajar paling ideal serta terbukti efektif meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri.

Share :

You might also like :

Prioritas Keselamatan Kerja, 7 Teknologi ini Perlu Ada Industri 2021
Cara Mengubah Efek Suara Lucu di TikTok

Comments :