Metode Pembelajaran Blended Learning

Blended learning yaitu sistem pembelajaran dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan online Metode ini sangat efektif untuk menambah efisiensi kelas dan memungkinkan peningkatan diskusi atau meninjau informasi di luar ruang kelas.

 

Blended learning bukan hal yang asing lagi di dunia pendidikan saat ini. Sebelum pandemi Covid-19 kita sebenarnya sudah dikenalkan dengan blended learning. Dengan kata lain Blended learning memberi kesempatan yang baik untuk transisi ke elearning. 

Sebelumnya apa itu blended learning? Menurut pengertian blended learning yaitu sistem pembelajaran dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan online Metode ini sangat efektif untuk menambah efisiensi kelas dan memungkinkan peningkatan diskusi atau meninjau informasi di luar ruang kelas.

Merebaknya virus COVID-19 menjadi percepatan praktik pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Karena adanya pembatasan sosial, siswa diharuskan untuk belajar dari rumah dengan memanfaatkan sistem e-learning.

Bisa dibayangkan bukan? Betapa terbiasanya siswa di sekolah saat ini memanfaatkan teknologi untuk keseharian belajar mereka.

Meskipun praktik e-learning telah menjadi kebiasaan siswa setiap harinya. Dunia pendidikan sepakat menjadikan blended learning menjadi sistem pembelajaran setelah penyebaran virus berkurang. Disini menggabungkan pendekatan sekolah tatap muka dengan teknologi, blended learning menjadi metode pendidikan berkelanjutan untuk institusi sekolah.

Manfaat Blended learning pada Dunia Pendidikan

Perlu digarisbawahi, metode blended learning sangat efektif bagi dunia pendidikan.

Pertama, siswa yang memiliki dana dan waktu terbatas masih bisa mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum pendidikan.

Misalnya, dengan pembagian jam kelas siswa lebih leluasa untuk mengambil part time atau kelas lainnya. Dengan bantuan internet dan smartphone proses belajar jarak jauh dapat dilaksanakan dengan baik dan fleksibel. Blended learning pun tidak menyekat siswa untuk berinteraksi tatap muka pada kelas mereka.

Kedua, blended learning dan e-learning menjadikan proses belajar mengajar pada institusi pendidikan menjadi efektif dan modern.

Sekolah yang memiliki masalah kapasitas dosen dan ruangan dapat tetap melangsungkan proses belajar mengajar di institusi pendidikan masing-masing dengan bantuan learning management system (LMS).

Disisi lain, blended learning sekaligus mempercepat akreditasi sekolah dan menambah jumlah siswa dengan sistem pendidikan yang nyaman dan memenuhi kebutuhan pendidikan semua kalangan.

Teknologi Digital Hadirkan Efektivitas Belajar

Idealnya, institusi menemukan solusi yang tepat yang menyatukan beberapa elemen dalam satu platform pembelajaran yaitu dengan :

Pendekatan YouTube : Solusi ini menonjolkan kemampuan untuk membuat, mengatur dan memanajemen kursus termasuk distribusi konten pembelajaran ke seluruh siswa. Solusi ini juga memungkinkan untuk mengukur ROI dalam pendekatan pembelajaran informal.

Learning management system : Kita semua terkadang membutuhkan sedikit bantuan. Peserta didik membutuhkan tempat di mana mereka dapat melibatkan guru, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan jawaban. Platform learning management system memudahkan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dari materi yang dapat dilihat kapanpun, serta diskusi yang dapat dilakukan via chat di dalam platform. Platform ini ideal memungkinkan pelajar dan guru untuk bekerja sama untuk menciptakan proses belajar yang mudah.

Ini juga merupakan tempat di mana para guru dapat memberi pelatih kemampuan untuk mengelola jadwal dan lokasi kelas secara elektronik, memantau kinerja dan kehadiran, serta menugaskan pelajar dan instruktur ke kursus. Di sinilah institusi dapat membuat konten pembelajaran mereka dengan mudah dan seru. Di dalam learning management system, guru dapat mudah menemukan, backsound, animasi, dan template yang bisa digunakan untuk membuat konten pembelajaran mereka.

Cloud : Yang mendukung semua hal di atas dan memungkinkan pengiriman apa pun dari PC ke tablet dan smartphone bukan lain adalah Cloud. Solusi blended learning dan eLearning terbaik di kelasnya akan memiliki opsi ini karena ini satu-satunya cara untuk memastikan pelajar memiliki beberapa mode akses. Pastikan cloud pada platform learning management system (LMS) institusi pendidikan Anda original dan berlisensi.

Dukungan First Klaz dalam Blended learning

Link Net sebagai perusahaan konektivitas berkompeten di Indonesia, menghadirkan First Klaz untuk keberhasilan blended learning di Indonesia. First Klaz merupakan platform learning management system (LMS) yang memungkinkan sekolah membuat kelas yang mudah dan fokus dalam memonitor siswa.

Pada dasarnya platform LMS ini adalah aplikasi yang bisa membantu dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran. Dilengkapi dengan cloud yang berlisensi, First Klaz dapat memberikan cloud yang lebih aman dan private.

Dalam kaitannya pada metode blended learning, sudah jelas bahwa cloud pada platform LMS penting dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan menggunakan platform LMS terbaik dalam menerapkan metode blended learning.

Berbagai ragam fitur yang dapat Anda nikmati, First Klaz dari Link Net dapat Anda andalkan pada sekolah Anda. Metode blended learning akan berjalan baik bila didukung dengan adanya platform learning management system (LMS) berkompeten. Kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik dari Link Net!

Share :

You might also like :

Smartboard, Solusi Pintar Tunjang Aktivitas Smart Office
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close