Perbedaan MBps dan Mbps Secara Jelas!

Pahami perbedaan Megabyte per detik dan megabit per detik di artikel ini secara mudah dan lengkap sampai habis. Penting untuk mengetahui perbedaan tersebut.

Ketika berada di dunia yang ada kaitannya dengan internet, banyak sekali istilah dan akronim yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah Mbps dan MBps. Apa sih bedanya? Mungkin secara huruf ini merupakan huruf yang sama, perbedaannya hanya terletak pada huruf “B” kapital pada MBps dan huruf kecil “b” kecil pada Mbps yang membuat sedikit perbedaan. Namun bukan hanya itu saja, untuk lebih lanjutnya terkait perbedaan Mbps dan MBps kamu bisa cek artikel ini sampai habis ya. 

Apa perbedaan Mbps dan MBps? 

Perbedaan utama dari kedua istilah diatas adalah pada bit dan byte. Istilah Mbps dengan huruf “b” kecil mengacu pada megabit per detik, sedangkan yang kedua MBps dengan huruf kapital “B” adalah singkatan dari megabyte per detik. 

Megabit per detik (Mbps) mengukur kecepatan unduh dan unggah. Contohnya saat film yang ingin kamu download berukuran 8 GB dan kamu download menggunakan internet 10 Mbps, maka akan memakan waktu sekitar 2 jam lebih. Namun, jika kamu mendownload menggunakan paket internet 500 Mbps maka akan memakan waktu sekitar 3 menit.

Sedangkan MBps digunakan untuk menunjukkan tingkat dimana file diunduh atau di unggah. Sehingga jika kamu ingin mengunduh video game sebaiknya kamu menggunakan kecepatan 100 MBps. Meskipun keduanya merupakan istilah yang terkait dengan pengukuran, keduanya digunakan secara berbeda. Megabit per detik biasanya dimanfaatkan ketika berbicara terkait dengan kecepatan unduh dan unggah di internet berdasarkan kecepatan koneksi kamu. Jika MBps menunjukkan  megabyte per detik, dan menunjukkan volume data serta kapasitas penyimpanan. 

Lebih singkatnya berdasarkan penjelasan diatas dapat dibuat satu kesimpulan bahwa : 

  • Megabit per detik (Mbps) adalah satuan pengukuran untuk kecepatan unduh dan unggah
  • Megabyte per detik (MBps) adalah digunakan untuk menggambarkan kecepatan unduhan atau unggah file.

Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh dengan kecepatan lebih lambat. Karena inilah mengapa sangat penting untuk mepertimbangkan aktivitas digital kamu saat memilih kecepatan internet. Patinya kamu membutuhkan internet untuk bermain games, streaming film, mengerjakan tugas, atau bekerja dengan kecepatan internet yang berbeda. Untuk mendukung aktivitasmu First Media menyediakan berbagai promo paket internet cepat dan unlimited yang murah dan kecepatannya berkualitas. Ada promo khusus kotamu juga, seperti internet provider jakarta di sini.

 

Share :

You might also like :

Cara Memulai Berbisnis Online Untuk Pemula
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close