Rekomendasi Aplikasi Chatting Terbaik Sebagai Alternatif WhatsApp

Rekomendasi Aplikasi Chatting Terbaik Sebagai Alternatif WhatsApp

Sampai saat ini, WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer dan paling banyak digunakan, terutama oleh orang-orang Indonesia. Selain punya fitur yang terbilang lengkap, WhatsApp juga memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga tak sulit dioperasikan — bahkan bagi pemula. Tetapi, adanya sejumlah persyaratan dan kebijakan privasi terbaru dari WhatsApp yang akan diberlakukan pada 8 Februari mendatang, nyatanyamenuaikontroversi. Pasalnya, kebijakan baru tersebut dinilai mengkhawatirkan dan bisamengancam data privasipara penggunanya. Kalau kamu juga salah satu pengguna yang khawatir atas kebijakan baru WhatsApp tersebut, deretan aplikasi pesan instan di bawah ini terhitung lebih aman dan bisa menjadi alternatif penggantinya lho. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya sebagai berikut:

Telegram

Selain WhatsApp, aplikasi yang menjadi andalan untuk bertukar pesan adalah Telegram. Aplikasi yang didirikan oleh Pavel Durov ini memang menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan kompetitornya tersebut, di mana salah satu fitur unggulannya adalah fitur ‘Secret Chat’ yang berfungsi untuk melindungi percakapan rahasia pengguna.

Signal

Usai munculnya cuitan Twitter Elon Musk yang menganjurkan pengikutnya untuk ‘bermigrasi’ ke Signal, jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi besutan Signal Foundation ini langsung meningkat drastis. Bukan hanya karena cuitan Elon Musk saja, namun Signal memang terkenal lebih aman karena tidak mengumpulkan data para pengguna dalam bentuk apa pun, dan lebih unggul dari segi kebijakan privasi.

Viber

Mau coba aplikasi lain selain Signal dan Telegram? Viber merupakan salah satu aplikasi chatting yang aman dan juga kaya akan fitur. Selain pesan bisa ter-enkripsi secara terjamin, Viber juga menyediakan fitur penghapus pesan secara otomatis, fitur yang bisa membuat kita tetap online tanpa ketahuan, aplikasi versi seluler yang tersinkronisasi dengan versi web, hingga berbagai pilihan emoji, stiker, serta GIF yang tak kalah menarik.

Wickr Me

Sebagai aplikasi yang bisa menjadi alternatif pengganti WhatsApp, Wickr Me menjagokan salah satu fiturnya yang berupa enkripsi pesan berstandar militer. Aplikasi ini memang fokus pada perlindungan percakapan antar pengguna supaya aman dari peretasan. Selain itu, Wickr Me juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu agar pesan yang terkirim/dikirim bisa terhapus secara otomatis.

Nah, itu dia deretan aplikasi pesan instan yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif WhatsApp. Dengan aplikasi chatting yang unggul dalam hal privasi, tentu pengguna jadi tak perlu khawatir lagi adanya kebocoran data atau penyadapan percakapan pribadi. Jadi, kamu mau ‘migrasi’ ke aplikasi yang mana nih?

Share :

You might also like :

Cara Memblokir dan Membatalkan Blokir Seseorang di Facebook
Cara Mengubah Efek Suara Lucu di TikTok

Comments :