Sering Buffering Saat Streaming? Ini Cara Mengatasinya

Cara mudah mengatasi buffering saat streaming. Cobain, yuk!

Menghabiskan waktu luang dengan streaming acara atau film favorit adalah aktivitas yang banyak dipilih masyarakat saat ini. Terlebih dengan semakin terjangkaunya dan kuatnya sinyal internet. Namun sayangnya, beberapa orang masih sering mengeluh mengalami buffering saat sedang streaming, sehingga bukannya merasa senang tetapi justru menjadi kesal.

Kamu sendiri pernahkah mengalaminya? Pastinya semua orang yang senang streaming pernah mengalaminya walaupun tidak sering. Pastinya rasanya kesal sekali ya, apalagi jika buffering terjadi pas bagian paling seru.

Cara Streaming Seru Tanpa Buffering

Nah, sebenarnya ada loh beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar hal menyebalkan ini tidak kamu alami, yaitu:

Scan Antivirus

Melansir dari situs microsoft, spyware dan virus dapat mengganggu koneksi internet. Spyware akan mengganggu browser dan memonopoli koneksi internet yang sedang digunakan. Ketika banyak spyware bekerja bersamaan, maka koneksi akan melambat atau bahkan hilang. Sementara virus bekerja dengan menggandakan diri dan kemudian mengirimkan salinannya melalui e-mail sehingga bandwidth akan langsung penuh. Untuk mengatasinya, lakukan scan secara berkala dan pastikan kamu menggunakan antivirus original yang update.

Tutup Aplikasi yang tidak digunakan

Semua aplikasi yang kamu buka, meskipun hanya di-minimize dan tidak aktif digunakan tetapi saja akan memanfaatkan sistem. Apalagi jika aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet, maka akan tetap memengaruhi kecepatan internet yang sedang kamu gunakan. Sebaiknya tutup semua aplikasi yang tidak aktif kamu gunakan agar sistem komputer dan koneksi internet dapat bekerja secara maksimal.

Kurangi kualitas video

Menonton dengan resolusi paling tinggi memang menyenangkan, karena kamu bisa melihat semua gambaran yang ada secara maksimal. Namun jangan lupa, semakin tinggi resolusi video artinya semakin tinggi juga konsumsi koneksi internet yang dibutuhkan. Jika koneksimu sendiri kurang stabil, sebaiknya kurang resolusinya. Untuk kamu yang streaming di ponsel, resolusi 360 atau 480 sebenarnya sudah cukup, sementara untuk kamu yang melakukannya pada PC atau laptop, bisa disesuaikan dengan besar layar perangkatmu.

Refresh Koneksi

Meskipun tidak ada tanda “disconnect”, terkadang koneksi internet perlu dilakukan refresh agar koneksinya kembali stabil. Caranya sederhana sekali. Untuk kamu yang menggunakan internet provider di ponsel, cukup nyalakan mode pesawat atau airplane mode selama 5 detik dan kemudian matikan kembali. Sementara untuk yang menggunakan router bisa melakukan reboot pada alat tersebut.

Gunakan internet rumah

Salah satu keunggulan internet kabel adalah adanya koneksi yang stabil. Jadi, daripada kamu kesal mengalami buffering saat sedang streaming, sebaiknya kamu gunakan internet kabel dari First Media di rumahmu. Selanjutnya, kamu bisa streaming acara tersebut di rumah dengan koneksi internet yang pastinya lebih stabil. Jika kamu ingin menontonnya saat di luar, manfaatkan saja internet rumah untuk men-download acara tersebut. Jadi kamu tinggal menonton ulang tanpa khawatir buffering.

Bagaimana, tidak sulit kan mengatasi masalah buffering saat sedang streaming? Semoga berhasil dan selamat menikmati acara favoritmu!

Share :

You might also like :

Suka Drama Romantis? Ini 3 Rekomendasi Drama Thailand Untukmu
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close