Takut Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya!

Saat berpuasa, salah satu hal yang cukup mengganggu namun sulit dihindari adalah bau mulut. Begini cara mencegahnya

Saat berpuasa, salah satu hal yang cukup mengganggu namun sulit dihindari adalah bau mulut. Karena tidak adanya kegiatan makan dan minum selama berjam-jam, produksi saliva (air liur) jadi jauh lebih berkurang dan membuat rongga mulut jadi kering. Kondisi ini pun memicu perkembangan bakteri di gigi dan lidah jadi lebih cepat sehingga membuat mulut berbau tak sedap.

Beberapa penyebab bau mulut tak sedap saat puasa lainnya adalah:

  • Cara menyikat gigi yang salah, serta lidah yang tidak ikut dibersihkan;
  • Makan makanan pemicu bau mulut seperti bawang putih, bawang bombay, petai, atau beberapa jenis rempah;
  • Merokok;
  • Masalah pada gigi seperti gigi berlubang;
  • Penyakit tertentu—misalnya penyakit asam lambung, penyakit gusi, liver (hati), diabetes, atau sinusitis.

Dengan begitu, supaya napas tetap segar selama berpuasa, simak cara mencegah bau mulut seperti dilansir dari laman Egypt Today berikut ini!

Perbanyak Minum Air Putih

Dikutip dari laman Pepsodent, rutin meminum air putih—atau setidaknya 2 liter per hari ternyata mampu meningkatkan produksi air liur; di mana air liur berperan sebagai penjaga kelembaban mulut, penetralisir asam yang dihasilkan dari plak, membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di gusi atau lidah, serta mencegah terjadinya infeksi di dalam mulut. Jadi, pastikan untuk selalu rajin mengonsumsi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu tiap harinya, ya.

Mengonsumsi Plain Yogurt

Selain mengonsumsi banyak air putih, mengonsumsi Yogurt tanpa gula juga bisa kamu masukkan ke dalam daftar rutinitas selama berpuasa. Karena sifat Yogurt yang asam, maka bakteri yang bersifat basa tidak akan mampu bertahan lama di dalam mulut. Ketiadaan aktivitas bakteri inilah yang bisa mengatasi masalah mulut yang berbau tak sedap. Kamu bisa menambahkan plain Yogurt secukupnya sebagai menu dessert saat berbuka puasa.

Selain Gigi, Jangan Lupa Bersihkan Lidah!

Tips mencegah bau mulut saat puasa lainnya tentu saja dengan menyikat gigi setelah makan sahur dan berbuka. Tapi, pastikan kamu menyikat gigi dengan baik dan benar supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal. Selain itu, jangan lupa selalu bersihkan lidahmu!Karena lidah merupakan salah satu tempat berkembang biaknya bakteri, maka lidah juga sangat wajib dibersihkan secara rutin. Kamu bisa membersihkannya dengan sikat khusus lidah, atau sikat gigi biasa dengan bulu yang lembut.

Bersihkan Sisa Makanan dengan Flossing Gigi

Agar mulut benar-benar bersih, nyatanya tak hanya cukup dibersihkan dengan sikat gigi saja lho! Setelah menyikat gigi, kadang kala masih ada beberapa sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Kalau tidak segera dibersihkan, sisa makanan yang terselip dapat menyebabkan penumpukan plak—hingga mengakibatkan pembentukan karang gigi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan benang gigi (flossing) untuk mengambil sisa makanan di sela-sela gigi setelah menyikatnya.

Gunakan Obat Kumur

Mau hasil yang lebih maksimal? Kumur-kumurlah dengan obat kumur antiseptik atau cairan penyegar napas. Namun, perlu diketahui bahwa obat kumur pencegah bau mulut ini punya jenis dan kandungan yang berbeda-beda. Ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter agar mendapat resep obat kumur yang tepat.

Kurangi Kafein dan Rokok

Selain kafein yang menyebabkan mulut mudah kering, kebiasaan merokok juga menjadi pemicu kerusakan gusi sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri yang membuat bau tak enak pada mulut. So? Kurangi—atau bahkan hindari kedua kandungan ini selama berpuasa.

Kurangi Makanan Tinggi Gula

Segala asupan yang masuk ke dalam tubuh juga salah satu hal yang memengaruhi sedap atau tidak sedapnya aroma mulut. Dan jenis makanan yang menjadi musuh utama kesegaran mulut adalah makanan yang mengandung tinggi gula. Begitu kamu mengonsumsi makanan bergula, bakteri alami yang berada di dalam mulutmu akan “memakan” gula tersebut sehingga mengubahnya menjadi asam. Maka jangan heran makanan tinggi gula bisa membuat aroma mulut jadi terasa tak sedap untuk dihirup.

 

Nah, seperti itulah beberapa cara mencegah bau mulut saat sedang berpuasa supaya napas tetap terasa segar dan tak mengganggu jalannya ibadah. Terlebih, di masa pandemi covid-19 ini, kesehatan mulut dan gigi juga patut kita jaga agar dapat terhindar dari risiko tertular atau terinfeksi virus corona. Kalau mulut sehat, sistem kekebalan tubuh pun tentu akan ikut meningkat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan jiwa-raga, ya!

Share :

You might also like :

Cara Memblokir Kontak Orang di WhatsApp
4 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Song Joong K...

Comments :

Close