TikTok vs IG Reels: Mending Pilih yang Mana, ya?

Fitur Reels dari Instagram sekilas tampak sangat mirip dengan TikTok. Apa beda keduanya?

Pada 5 Agustus 2020, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Reels di lebih dari 50 negara termasuk Amerika Serikat, India, Prancis, Jerman, Jepang, Australia, juga Inggris. Setahun kemudian, fitur produksi sekaligus pencari video pendek ini sudah tersedia di seluruh dunia. Reels, seperti kata Instagram, memiliki durasi 15–60 detik dengan berbagai audio, efek, juga alat kreatif baru. Dari sini, Reels tampak sangat mirip dengan TikTok. Namun, adakah beda keduanya? Kira-kira mending pilih yang mana, ya, dari kedua opsi ini?

Simak uraian tentang perbandingan keduanya lebih dulu, yuk!

Durasi video

Mulanya, durasi video di TikTok hanya sampai 15 detik. Kemudian, rentang waktu itu bertambah jadi 60 detik lalu 3 menit per Juli tahun lalu. Yang terbaru, durasi video TikTok dapat mencapai 10 menit. Fitur ini tentu bisa menambah kreativitas kamu sebagai content creator.

Sebaliknya, IG Reels sudah punya tiga pilihan durasi sejak peluncuran awalnya, yaitu 15 detik, 30 detik, dan 60 detik. Meski begitu, seperti dikutip dari Creative Bloq, durasi penuh IG Reels masih belum memberikan kebebasan kreativitas kepada user-nya lantaran keterbatasan fitur penyuntingan video.

Audio

Ensiklopedia audio di TikTok tidak cuma berisi lagu-lagu resmi dari penyanyi, melainkan juga suara-suara atau bunyi-bunyi ciptaan creator yang sering kali berakhir jadi tren di TikTok. Kemampuan ini tentu saja bisa membebaskan kamu sebagai creator saat akan membuat sebuah video di platform ini.

Di sisi lain, Instagram tidak membolehkan sembarang pengguna untuk mengunggah lagu atau suara ke sistem mereka. Kalau kamu ingin menambahkan audio untuk konten IG Reels-mu, kamu tinggal mencari lagu yang sudah ada di ensiklopedia Instagram. Tapi, kamu juga bisa merekam langsung suara atau audio orisinal buatanmu di Instagram, kok.

Algoritma

Menurut Creative Bloq, daya tarik TikTok bagi Gen Z adalah kesempatan untuk menjadi populer dengan sangat cepat lantaran konten buatannya. Selain itu, content creator yang sudah menjadi influencer juga bisa langsung dimonetisasi atau memperoleh pemasukan. Hal ini memungkinkan karena algoritma TikTok.

Berkebalikan dengan TikTok, IG Reels belum punya in-depth insight kepada audiens-audiensnya. Sehingga, persebaran video user-nya masih cukup tersegmentasi atau belum ‘sejauh’ video-video TikTok, yang bisa menyasar lebih banyak pengguna melalui For You Page.

Konten

Mengutip salah seorang content creator TikTok di laman Bustle, konten-konten yang ada TikTok cenderung lebih eksperimental dan unik. Contohnya adalah tren aneh semacam “berries and cream”. Hal ini lantas membuat pengguna-pengguna TikTok lainnya lebih berani untuk menciptakan sebuah tren baru yang bisa dipopulerkan kemudian oleh pengguna lain.

Lain halnya dengan TikTok, konten di feeds mayoritas akun Instagram banyak yang terkurasi dengan amat baik. Hal ini mungkin akan tercermin juga pada konten-konten IG Reels mereka, yang mana lebih tertata dan tidak aneh-aneh.

Jumlah pengguna

Per September 2021, jumlah pengguna TikTok sudah mencapai angka 1 miliar. Angka ini cukup jauh tertinggal dibanding Instagram, yang mana sudah memiliki 2 miliar pengguna. Selain itu, pengguna TikTok juga lebih didominasi oleh anak-anak muda seperti Gen Z, sedangkan pengguna Instagram memiliki rentang usia yang cukup besar.

Itulah beberapa perbedaan antara TikTok dan IG Reels. Kalau ditanya mana yang lebih baik, tentu jawabannya kembali ke diri kamu sendiri. Fitur serta cakupan seperti apa yang kamu inginkan? Kalau kamu tipe orang yang sangat senang coba-coba dan kurang suka dibatasi, kamu bisa coba mengulik TikTok lebih lanjut. Sebaliknya kalau kamu lebih suka yang simpel dan aman, kamu bisa manfaatkan IG Reels.

Kalau sudah tahu mau bereksperimen di platform yang mana, saatnya pilih paket internet rumah unlimited dari First Media yang bakal memberi kamu kebebasan mengeksplorasi TikTok ataupun IG Reels tanpa takut kehabisan kuota dan gagal menyimpan video editan. Berlangganan, yuk!

 

Share :

You might also like :

4 Drama Korea Terbaru yang Diadaptasi dari Webtoon
Nonton Youth MT “Young Actor’s Retreat” Variety Sh...
Close