Tips Amankan Media Sosial dari Hacker

Tak bisa dipungkiri, semakin banyak kita menggunakan media sosial maka semakin besar pula peluang data privasi kita tersebar di dunia maya. Berikut tips untuk mengamankan akun media sosial kamu dari hacker!

Teknologi semakin canggih dan kita semua terbantu dengan adanya inovasi teknologi setiap tahunnya. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, privasi kita juga akan semakin sulit untuk dilindungi. Karena batas antara dunia maya dan nyata semakin tipis.

Sangat mudah bagi kita mencari tahu tentang seseorang hanya dengan menuliskan namanya di mesin pencarian seperti Google. Kamu bisa tahu dimana dia sekolah, tempat bekerja, hingga tanggal lahirnya. Banyak orang tidak menyadari bahwa hal ini menjadi awal mula terjadinya cybercrime. Mulai dari kejahatan sepele seperti pembobolan akun media sosial, hingga kejahatan berat seperti penipuan, jual beli data illegal, hingga penculikan.

Pastinya kita semua mau mengamankan data pribadi kita agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, yuk simak beberapa tips di bawah ini!

Pastikan Kamu Menggunakan Password yang Tidak Mudah Ditebak

Jangan menggunakan password dengan tanggal lahir untuk semua akun media sosialmu. Sebaiknya gunakan password dengan kombinasi angka, huruf besar, dan simbol agar tidak mudah diretas.

Jangan Membuka Link yang Mencurigakan

Jangan mudah tertipu dengan link yang mengarahkan ke website mencurigakan. Biasanya link mencurigakan ini sering kita terima melalui SMS scam yang kita terima melalui nomor random.

Hati-hati Ketika Menggunakan WiFi Publik

Hindari membuka akun-akun pribadi seperti internet banking saat menggunakan WiFi publik karena kebanyakan jaringan ini tidak terenkripsi sehingga rentan akan serangan hacker, malware, virus, phising dan kejahatan siber lainnya.

Aktifkan fitur Two-Factor Authentication

Otentikasi dua faktor ini merupakan fitur keamanan ganda, dan biasanya terdapat pada akun online seperti email, media sosial, layanan perbankan, situs belanja dan sebagainya. Biasanya, melalui fitur ini, selain memasukan password, kamu harus memasukan kode one time password (OTP) yang dikirimkan melalui email/sms ketika pertama kali login pada perangkat baru. Selain itu juga, kamu akan mendapat pemberitahuan jika ada aktivitas login dari perangkat baru.

Lebih Aman Menggunakan Internet Pribadi

Seperti yang sudah dijelaskan, menggunakan WiFi publik sangat rentan dengan kejahatan siber. Maka dari itu, menggunakan koneksi internet pribadi adalah salah satu cara teraman yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya kamu menggunakan jaringan internet wifi pribadi di rumah. First Media menyediakan Internet yang #BeneranTanpaBatas yang cocok untuk kamu melakukan aktivitas online, seperti belajar, berselancar di media sosial dan lain sebagainya. Selain itu, First Media juga memiliki lebih dari 200 TV Channel pilihan berkualitas HD hingga 4K! Buat kamu yang tertarik berlangganan, kamu bisa cek cakupan jaringan First Media di area rumahmu dan cek info paket selengkapnya di sini.

Share :

You might also like :

Gran Turismo 7 Diumumkan akan hadir pada Maret 2022!
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close