Tips Cegah Stres Mata Akibat Layar Ponsel dengan Cara Ini

Sering bertatapan terlalu lama dengan layar ponsel? Ini tips supaya tidak stres mata!

Stres ternyata tidak hanya bisa terjadi pada pikiran atau psikologis seseorang lho, tetapi bisa juga pada salah satu indera yaitu mata. Sama halnya dengan stres pikiran, stres mata juga terjadi akibat mata diberikan beban kerja secara berlebihan. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan mata jika dibiarkan terus menerus.

Salah satu penyebab stres mata yang umum terjadi saat ini adalah akibat terlalu lama memandang layar ponsel. Yap, dengan semakin tergantungnya masyarakat pada ponsel, baik untuk browsing, bermain game, menonton, dan sebagainya, membuat beban kerja mata semakin berat. Padahal dalam keseharian saja, mata sudah dibuat lelah saat melakukan aktivitas lain seperti kerja di depan komputer atau laptop, sehingga semakin memperparah kondisi ini.

Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar stres mata tidak terjadi, yaitu:

Gunakan filter

Setiap ponsel pasti diberi pelindung layar berupa lapisan untuk mencegah baret maupun retak pada layar. Ada baiknya kamu memilih blue light screen protector yang dapat membantu melindungi matamu dari paparan cahaya ponsel.

Atur brightness

Sudah menggunakan blue light screen protector apakah sudah cukup? Tentu saja tidak. Sangat disarankan kamu mengatur brightness layar ponsel agar tidak terlalu terang. Sebab layar yang terlalu terang bisa membuat mata lebih cepat lelah. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur night mode yang akan membuat warna layar ponselmu meredup dan lebih hangat ketika waktu sudah malam sehingga lebih nyaman untuk mata.

Jarak ponsel

Sama halnya dengan larangan menonton TV terlalu dekat, kamu juga disarankan tidak melihat layar ponsel dengan jarak yang terlalu dekat. Sebaiknya atur jarak sekitar 50 cm dari mata ke ponsel. Selain itu, posisikan dengan sudut yang pas sehingga mata tidak akan bekerja terlalu keras saat melihat ke layar ponsel.

Cahaya ruangan

Selain dari ponsel sendiri, kamu juga harus memerhatikan penerangan cahaya sekitarmu. Hindari melihat layar ponsel dalam kondisi ruang yang gelap. Apalagi jika kamu melakukannya dalam waktu lama.

Beri jeda waktu

Sudah melakukan hal di atas bukan berarti stres mata bisa dicegah 100% karena semua cara di atas hanya meminimalisir risikonya. Untuk memaksimalkannya, kamu harus tetap memberi waktu istirahat pada mata dengan melihat ke arah lain yang tidak memancarkan blue light. Misalnya ke luar ruangan dengan melihat pepohonan, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk tetap berkedip saat menatap layar ponsel sehingga kelembapan mata tetap terjaga.

Tidak sulit kan menerapkan berbagai cara di atas? Apalagi untuk kamu yang sering memanfaatkan internet rumah dari First Media untuk streaming acara favorit atau bermain game online. Menerapkan berbagai hal di atas pastinya sangat disarankan dengan menjaga matamu tetap sehat.

 

Share :

You might also like :

Link Net raih Indonesia Human Resources Awards 2022
First Media Gelar Cooking Class First Prioritas Cl...
Close