Tips Memilih Sekolah yang Tepat Saat Pandemi

Perlu diketahui tidak hanya informasi fasilitas sekolah yang perlu para orang tua tahu untuk pendidikan anak mereka. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan catatan dan acuan untuk memilih sekolah yang diinginkan!

 

Pendidikan memiliki peran penting untuk masa depan anak, jadi sudah sewajarnya orang tua menentukan pendidikan yang tepat untuk buah hati mereka.

Masih dalam kondisi pandemi beberapa kegiatan pembelajaran masih berlangsung melalui sistem jarak jauh. Di kondisi pandemi saat ini dan dengan berbagai keterbatasan tentu menjadi dilema bagi orang tua yang sedang mencari sekolah yang tepat bagi buah hatinya.

Namun di era digital orang tua tidak perlu risau untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang sekolah yang dituju. Beberapa sekolah sekarang sudah memiliki alamat web sendiri yang biasanya  menyediakan informasi lengkap dengan fasilitas sekolah, mulai dari ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, tempat ibadah sampai dengan kantin sekolah, serta tenaga pendidikan dan kependidikannya ada.

Tetapi, perlu diketahui tidak hanya informasi fasilitas sekolah yang perlu diketahui oleh para orang tua. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan catatan dan acuan untuk memilih sekolah yang diinginkan!

Jarak Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan jarak sekolah yang tidak terlalu jauh merupakan faktor utama dalam memilih sekolah. Jika memilih sekolah dengan jarak tempuh yang terlalu jauh, hal itu bisa membuat anak kelelahan di jalan. Rasa lelah itu bisa membuat anak tidak dalam suasana hati yang baik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah dan bahkan rentan sakit akibat penurunan imun karena rasa lelah.

Lingkungan Sehat

Masih dalam situasi pandemi, ruang kelas dan lingkungan sekolah menjadi salah satu yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Jika nantinya pembelajaran tatap muka kembali dilakukan, orang tua perlu memastikan kelas memiliki ukuran ruangan yang luas dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik. Orang tua juga harus memastikan ruang hijau yang cukup untuk anak. Orang tua harus memastikan bahwa sekolah mengikuti peraturan protokol kesehatan yang baik pada lingkungan pendidikan.

Akreditasi Sekolah

Meski pembelajaran masih dilakukan secara daring/online, orang tua harus membuka lagi rekam jejak calon sekolah anak. Pastikan sekolah terakreditasi minimal ‘B’ karena akreditasi menentukan kualitas pendidikan anak kedepannya. Akreditasi menjadi nilai kompetensi sekolah dalam akademik dan praktikum. Penilaian tersebut dilihat dari kreativitas guru dalam memberikan materi, menghadirkan siswa berprestasi, dan ekstrakurikuler aktif. Jika akreditasi sekolah baik, tentu sekolah yang dipilih baik untuk pendidikan anak.

Lulusan dan Alumni

Selain akreditasi, orang tua juga harus aktif menanyakan kemana lulusan atau alumni melanjutkan pendidikan mereka? Misalnya tingkatan SD berapa persen lulusannya yang diterima di SMP Negeri atau di sekolah favorit, begitu pun di tingkatan SMP berapa persen dari lulusannya yang diterima di SMA Negeri atau di sekolah favorit, serta tingkatan SMA berapa persen lulusannya yang diterima di perguruan tinggi.

Pastikan sekolah menggunakan Learning Management System

Di era digital terlebih masih dalam situasi pandemi COVID-19, orang tua harus memastikan apakah sekolah sudah menggunakan platform Learning Management System (LMS). Platform LMS adalah istilah global untuk sistem komputer yang dikembangkan secara khusus untuk mengelola kursus online, mendistribusikan materi pelajaran dan memungkinkan kolaborasi antara siswa dan guru.

Intinya LMS merupakan tulang punggung sebagian besar aktivitas e-learning, LMS memiliki peranan yang baik untuk pendidikan anak, contohnya LMS First Klaz milik Link Net . Mengapa demikian? Berikut alasan LMS menjadi penting bagi anak dan orang tua.

Baik untuk anak

  • Pengalaman belajar anak menjadi menyenangkan dengan materi yang dibuat sedemikian kreatif
  • Materi sekolah dapat dilihat kapan saja dan dimana saja karena dapat diakses selama tersambung dengan internet
  • Siswa mendapatkan pelajaran tambahan dari kelas webinar yang tersedia
  • Siswa dapat lebih interaktif karena aktivitas gamification yang aktif di setiap sesi pembelajaran

Baik untuk Orang Tua

  • Mudah memonitor perkembangan personal anak di sekolah karena laporan kegiatan siswa akan terekam di platform LMS
  • Akses cepat untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan anak dalam meningkatkan prestasi belajar, karena laporan pekerjaan rumah, serta perkembangan anak terekam di platform.

Itulah beberapa hal yang perlu dijadikan acuan para orang tua untuk memilih sekolah terbaik di tahun ajaran 2021/2022 nanti. First Klaz dari Link Net selalu mendukung perkembangan dunia pendidikan untuk tumbuh kembang anak Anda di sekolah! Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai First Klaz, kunjungi di sini. 

Share :

You might also like :

Berlangganan Internet Berhadiah 1 Unit Apartemen
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close