Tips Menghindari Berita Hoax

Tips Menghindari Berita Hoax

Di era digital, tiap orang bisa mengakses, mendapatkan, serta menemukan berbagai jenis informasi dengan begitu mudah. Akan tetapi di balik kemudahan akses informasi ini, tak semua berita/informasi tersebut benar-benar valid atau memang berasal dari sumber yang kredibel. Bahkan tak jarang masyarakat kini kerap kali termakan berita hoax yang berisi rumor palsu, atau mengandung ujaran kebencian dan fitnah yang bisa berakhir merugikan banyak pihak yang bersangkutan. Nah, supaya terhindar dari berita hoax, berikut beberapa tips yang bisa kamu simak agar lebih jeli lagi dalam memilah tiap berita yang kamu terima:

Cek Penulis atau Narasumbernya

Begitu membaca sebuah berita atau artikel di internet mengenai sebuah isu, pastikan nama penulisnya juga tercantum. Lebih baik lagi, sang penulis juga menyelipkan narasumber atau referensi yang kredibel sebagai rujukannya. Kalau hanya sebatas menulis berita namun penulisnya anonim,disarankan untuk telusuri kembali topik tersebut dari sumber yang lain.

Periksa Apakah Banyak Typo Penulisan dalam Artikel Tersebut

Dilansir dari laman Verizon, berita dengan sumber terpercaya yang ditulis dalam sebuah artikel memiliki kualitas penulisan yang tinggi serta sangat minim kesalahan. Verizon juga menyebutkan bahwa pada umumnya berita palsu memiliki kesalahan atau typo yang berlebihan di berbagai sisi.

Jangan Percaya Satu Sumber, Bandingkan dengan yang Lain!

Saat membaca berita dari salah satu situs di internet, jangan langsung percaya begitu saja. Cari sumber-sumber dari situs lain mengenai topik yang sama. Karena bisa saja apa yang kamu baca dari satu sumber itu ternyataberisi informasi yang tidak sepenuhnya benar, bahkan bisa menggiring opini lho!

Periksa Gambar atau Video yang Tertera

Hal ini biasa terjadi di media sosial. Kalau kamu menemukan postingan gambar atau video dengan caption yang “mencurigakan”, coba periksa lagi gambar atau video yang diunggah itu dengan saksama—misalnya memanfaatkan Google Lens atau platform lain untuk mengecek kebenarannya. Karena bisa saja peristiwa dalam foto/video yang diposting saat itu, ternyata kejadiannya di tahun-tahun yang sudah lalu atau bahkan tidak asli alias telah melalui proses pengeditan.

 

Seperti itulah tips untuk menghindari berita-berita yang hoax, khususnya dari media sosial. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi seperti sekarang, sudah sepatutnya kita meningkatkan kemampuan literasi kita supaya lebih cerdas dan kritis dalam menerima berbagai informasi yang beredar di dunia maya. Untuk“memerangi” berita hoax, kamu pasti butuh koneksi internet yang tepat supaya tetap lancar dalam merunut kredibilitas sumber berita. Kini sudah saatnya kamu berlangganan paket-paket high speed broadband internet dari First Media. Kamu bisa memilih paket internet unlimited dengan bandwidth berkecepatan minimal 15 Mbps, mau pun kecepatan 300 Mbps yang sesuai dengan kebutuhan, atau memilih paket combo yang menyediakan berbagai channel (saluran) tv berlangganan dengan kualitas HD nan terpercaya. Kalau penasaran, segera cek informasi selengkapnya di sini!

Share :

You might also like :

5 Ide Topik Podcast yang Paling Banyak Digandrungi
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close