d1d8e6ec-ed94-4e02-a05b-2577f91cccce

Tools Gratis yang Bisa Bantu Kelola Social Media Bisnis Kamu

Tools Gratis yang Bisa Bantu Kelola Social Media Bisnis Kamu

Social media sangat penting untuk meningkatkan kualitas bisnis, untuk dapat hasil maksimal membutuhkan beberapa tools khusus, tetapi adakah yang gratis?

Social media merupakan salah satu channel yang sampai saat ini masih terbilang sangat efektif terutama dalam pemasaran sebuah bisnis. Tidak jarang sebelum membeli sebuah barang atau layanan, para calon customer akan pergi melihat akun social media yang dipunya oleh bisnis tersebut untuk memastikan seberapa berkualitasnya suatu bisnis. Maka dari itu, untuk setiap bisnis tidak bisa sembarangan dalam mengelola social media. Mengelola social media yang baik akan membutuhkan berbagai tools, tetapi tidak usah khawatir, karena tidak semua tools tersebut harus mengeluarkan biaya. Berikut ulasan tentang tools gratis untuk kelola social media.

1. Hootsuite

Merupakan salah satu yang paling sering digunakan. Hootsuite memungkinkan kamu untuk mengelola beberapa akun sekaligus seperti Twitter, Instagram, dan Facebook Page hanya dalam satu dashboard saja. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk memantau audience dari seluruh social media bisnis kamu, posting konten, dan bisa juga untuk membalas respon dari audience di setiap social media bisnis kamu hanya dari satu dashboard saja.

2. Buffer

Buffer memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan saran waktu terbaik untuk memposting konten yang akan di upload ke social media bisnis kamu. Kamu juga bisa membuat penjadwalan sendiri untuk konten-konten yang akan di upload, jadi tidak perlu upload secara manual pada jam tertentu, buffer akan otomatis upload konten kamu di jam yang telah kamu tentukan. Di Buffer juga terdapat fitur analisis yang bisa bantu kamu untuk melihat seberapa berhasil optimalisasi social media kamu.

3. Canva

Tools ini digunakan untuk menciptakan desain visual yang menarik untuk konten di social media bisnis kamu. Didalamnya terdapat banyak sekali fitur, seperti penghilang background. Di canva juga memungkinkan kita untuk mengambil color palette dari sebuah foto jadi tidak usaha susah lagi jika ingin membuat desain konten dengan color palette bisnis kamu. Tools ini sangat mirip dengan photoshop tetapi jauh lebih sederhana dan dengan harga yang sangat terjangkau pula, tetapi Canva dapat diakses secara gratis dan fitur yang didapat juga tetap lengkap.

4. Google Analytics

Tools ini sangat berguna apalagi jika bisnis kamu memiliki situs web. Dari tools ini kita bisa mengukur seberapa dampak yang dihasilkan dari social media dalam membantu meningkatkan traffic dan penjualan di situs web.

5. TweetDeck

Tweetdeck merupakan salah satu tools terbaik dari Twitter. Beberapa fitur yang sangat membantu adalah penjadwalan tweet, pencarian trend, dan yang paling unik dengan Tweetdeck ini kamu bisa melacak hashtags yang sedang kamu ingin optimasi dan yang sesuai dengan bisnis kamu, seperti cara kerja keyword tracker di Ahrefs dan Semrush untuk SEO. Lalu kamu bisa melihat segala informasi baik tweets, notifikasi, pesan, dan tags secara bersamaan hanya dalam satu dashboard saja. Itu akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan diri dengan trend yang ada dan dapat merespon audience yang tag akunmu secara cepat.

6. Slack

Tools ini sangat berguna bagi kamu yang sering bekerja secara tim. Dengan slack kamu dapat membagi tugas kepada rekan kelompok kamu dengan mudah. Dengan fitur workflow, kamu dapat otomasi pekerjaan harian dengan berbagai template workflow yang tersedia. Dan ada pula fitur slack connect yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan ke orang dari workspace berbeda.

7. Meta Business Suite

Tools ini digunakan secara khusus untuk mengelola Facebook dan Instagram. Ini merupakan tools resmi dari Meta, yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti penjadwalan konten, analytics melalui insight, dan lain sebagainya. Tools ini akan memudahkan kamu untuk mengelola Facebook dan Instagram karena kamu akan dapat mengelola kedua social media tersebut hanya dalam satu dashboard Meta saja.

Gimana? Semakin enak aja kalo kamu mau serius untuk mengelola social media bisnis kamu dengan tools yang gratis, tapi pasti ga nyaman kan kalo lagi asik urus social media tiba-tiba internetnya mati. Untuk menghindari itu semua kamu bisa pasang internet rumah terbaik dari First Media dan gunain promo internet! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kotamu seperti pasang pasang wifi Bandung dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

Update Klasemen MotoGP usai GP Jepang 2022
Suka gaming? Paket Baru First Media Pasti Pas untu...
. . .