Tutorial Belanja di TikTok Shop, Mudah Banget!

Mau belanja di TikTok Shop? Yuk, cek tutorialnya di sini!

Menciptakan inovasi adalah salah satu kunci utama kelanggengan sebuah bisnis, terutama pada sektor teknologi. Tidak mengherankan bila para pengembang aplikasi rutin memutakhirkan (update) fitur-fitur baru setiap beberapa bulan sekali. Dengan begitu, aplikasi yang diciptakan dapat terus memenuhi kebutuhan pengguna sekaligus memperluas jangkauan penggunanya. Ini jugalah strategi yang dilakukan oleh TikTok pada aplikasi versi terbarunya.

Aplikasi berbagi video yang sudah diunduh lebih dari 2 miliar kali secara global ini baru saja menambahkan fitur belanja bernama TikTok Shop. Menurut Kompas.com, fitur ini sudah tersedia di region Indonesia sejak April 2021. Untuk menjaring lebih banyak konsumen, TikTok Indonesia juga rutin mengadakan kampanye belanja dengan influencer maupun selebriti lokal.

Lalu, bagaimana cara belanja di TikTok Shop?

Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa kamu coba untuk berbelanja di TikTok Shop. Cara yang pertama ialah lewat unggahan produk pada profil akun dan cara yang kedua ialah lewat siaran langsung atau live streaming (Katadata.co.id dan Kompas.com).

Belanja di TikTok Shop Lewat Unggahan Produk

  • Pertama, buka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  • Kedua, kunjungi profil toko dari barang yang ingin kamu beli. Kamu bisa gunakan kolom Discover dan ketikkan nama toko itu di kolom pencarian.
  • Ketiga, ketuk menu Shop (ikon tas belanja) di profil toko tersebut kemudian cari produk yang kamu incar.
  • Keempat, klik tombol Buy Now yang berada di pojok kanan bawah laman produk incaran kamu.
  • Kelima, isikan detail pembelanjaan kamu; mulai dari alamat lengkap, jumlah barang yang kamu mau, warna, catatan (jika ada), serta metode pembayaran. Sebagai informasi, TikTok Shop dilengkapi dengan 7 opsi pembayaran: OVO, GoPay, DANA, transfer bank atau antarbank, kartu kredit, Indomaret, dan Alfamart.
  • Keenam, selesaikan proses belanja kamu dengan mengetuk Place Order kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang sudah kamu pilih sebelumnya.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu barang belanjaanmu diantar ke rumah. Untuk melacak proses ini, kamu bisa kunjungi menu Settings and Privacy lalu Orders.

Belanja di TikTok Shop Lewat Siaran Langsung

Salah satu keunggulan belanja di TikTok Shop lewat cara ini ialah potensi mendapatkan diskon, terutama di periode-periode tertentu, seperti Harbolnas, year’s end, atau hari raya keagamaan. Berikut adalah cara belanja di TikTok Shop lewat live streaming:

  • Pertama, buka siaran langsung atau live streaming yang kamu kehendaki.
  • Kedua, tontonlah tayangan itu dengan saksama. Soalnya, produk yang dijual saat siaran langsung biasanya akan dimunculkan di bagian bawah layar ponsel kamu. Kalau kamu tertarik untuk memborong barang tersebut, kamu bisa langsung membelinya.
  • Ketiga, ketuk tombol Buy di bagian bawah layar ponsel kamu ketika barang yang kamu inginkan sedang ditampilkan. Kemudian, pilih Buy Now.
  • Keempat, kamu akan diarahkan ke laman lain untuk mengisi detail transaksi. Di sini, kamu perlu mengisi alamat lengkap, jumlah barang yang kamu kehendaki, warna, catatan (jika ada), serta memilih satu dari tujuh metode pembayaran yang tersedia.
  • Terakhir, selesaikan pembayaran sesuai metode yang sudah kamu pilih. Sama seperti belanja lewat unggahan produk, kamu juga bisa melacak status barang belanjaan kamu di menu Setting and Privacy lalu Orders.

Gimana? Mudah, bukan, belanja barang impian lewat TikTok Shop? Kemudahan itu akan bertambah lancar kalau kamu menggunakan koneksi internet tanpa batas kuota. Pasalnya, aktivitas browsing barang belanjaan maupun menonton live streaming toko favorit kamu tidak akan terganggu karena kuota internet yang habis di tengah jalan! Untuk itu, yuk segera langganan First Media!

Share :

You might also like :

Ternyata Inilah Beda TikTok dan TikTok Lite
Cara Mengatasi WiFi Tidak Terhubung di Laptop dan...

Comments :

Close