YouTube Premium dan YouTube Music, Apa Bedanya?

YouTube Premium dan YouTube Music, Apa Bedanya?

Setelah YouTube Red, pada tahun 2018, YouTube telah me-rebranding produk berbayarnya tersebut dengan YouTube Premium dan YouTube Music. Sama seperti YouTube reguler,kedua versi yang dapat dinikmati secara gratis dalam 1 bulan pertama ini juga dapat diakses di berbagai perangkat dengan berbagai kelebihan demi meningkatkan pengalaman pengguna. Lalu apa perbedaan di antara keduanya?

YouTube Premium

Meski fungsi utamanya tak berbeda dari YouTube reguler, namun ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika meng-upgrade YouTube ke varian premiumnya ini. Beberapa keunggulannya adalah bebas iklan, dapat memutar video di latar belakang, menyimpan konten video apa pun secara offline, hingga menikmati tayangan-tayangan film YouTube original. Selain itu, jika pengguna berlangganan YouTube Premium, maka biaya langganan sudah termasuk biaya aplikasi YouTube Music yang harus diunduh secara terpisah. Jadi pengguna bisa langsung mendapatkan dua produk YouTube tersebut sekaligus.

Berapa Biaya Langganan YouTube Premium?

Untuk biaya langganan per-individu, YouTube mematok harga Rp 59.000 per bulannya, dan Rp 34.990 untuk pengguna yang masih berstatus pelajar (Paket Student). Kemudian ada pula paket Famil yatau paket keluarga (maksimal 5 orang) dengan kisaran harga Rp 89.000 setiap bulannya. Tetapi bagi pengguna yang baru ingin berlangganan, YouTube menawarkan uji coba gratis selama 1 bulan penuh. Pengguna bisa mengakses semua keunggulan tersebut secara gratis dalam 30 hari pertama, lalu bisa melanjutkan pembayaran atau membatalkan subscribe-nya. Melalui YouTube Music, pengguna bisa streaming semua lagu-lagu eksklusif para musisi atau band yang tersedia di YouTube. Bukan hanya lagunya saja, namun pengguna juga bisa langsung menonton video musik mau pun liriknya di dalam aplikasi YouTube Music tersebut. YouTube Music juga memiliki fitur download, di mana pengguna dapat mengunduh lagu-lagu favoritnya sehingga tersimpan secara offline dalam aplikasi. Tampilannya memang mirip platform musik seperti Spotify, namun dengan lebih banyak pilihan dan fitur, salah satunya video musik. Pengguna juga dapat mengatur musik-musiknya ke dalam playlist, atau menemukan lagu-lagu sesuai kategori, musisi favorit, rekomendasi playlist dari berbagai genre, lagu cover, lagu lama, lagu langka, atau bahkan video live performance dari para musisi yang telah di-subscribe.

 

Berapa Biaya Langganan YouTube Music?

Aplikasi YouTube Music tersedia secara terpisah, dan bisa diunduh melalui App Store mau pun Play Store. YouTube Music memiliki dua pilihan, yaitu yang reguler dan yang premium. Di versi reguler, YouTube Music masih menyisipkan beberapa iklan ketika pengguna sedang mengaksesnya. Tetapi untuk versi premium, maka platform besutan Google ini dapat dinikmati tanpa iklan, adanya fitur unduh musik, dan musik yang dapat diputar di latar belakang. Untuk biaya subscription, bagi pengguna yang tidak berlangganan, maka bisa streaming lagu diYouTube Music secara gratis meski harus rela menonton iklan dan tanpa fitur pengunduh musik. Sedangkan untuk harga premium (jika tidak berlangganan YouTube Premium), semua fitur unggulan YouTube Music bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 49.000 per bulan (individu), dan Rp 75.000 (paket keluarga).

 


Nah, itulah bedanya YouTube Premium dan YouTube Music. Keduanya memang bisa kamu dapatkan dalam satu paket sekaligus, meski YouTube Music juga bisa diakses tanpa harus berlangganan YouTube Premium. Dan biar streaming video atau musik YouTube jadi makin asyik, saatnya gunakan layanan internet broadband dan home tv cable berkualitas HD dari First Media. Selain menyediakan koneksi internet dengan bandwidth hingga 300 Mbps, First Media juga gak memberlakukan Fair Usage Policy (FUP) sehingga kamu bisa menikmati nyaman dan lancarnya streaming yang anti buffering tanpa batasan kuota! Tunggu apa lagi? Cek pilihan paket-paket internet terbaiknya di sini, dan segera temukan paket yang sesuai kebutuhanmu.

Share :

You might also like :

Ingin Presentasi Online? Begini Cara Share Screen di Zoom
First Media Gelar Cooking Class First Prioritas Cl...
Close