Konsep rumah pintar Home Automation

  • by Editor
  • 0 view

Sejauh apapun kita melangkah, rumah tetaplah tujuan. Karenanya, kenyamanan di dalam rumah menjadi hal yang mutlak. Melalui teknologi ter-mutakhir, First Media menghadirkan konsep Home Automation untuk menciptakan rumah pintar. Kenyamanan rumah pun bisa didapatkan secara mudah, semudah kita berbicara
ataupun membalikan telapak tangan.

Teks: Ocky Anggara

 

Di zaman yang serba canggih ini, banyak orang yang mendamba-dambakan sebuah hunian dengan konsep rumah pintar, atau saat ini bisa dikatakan dengan smart home system. Rumah pintar adalah sebuah sistem yang akan memberikan segala kemudahan, kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terkomputerisasi, pada gedung atau rumah tinggal Anda. Jadi, sistem tersebut dapat digunakan untuk menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan rumah, mulai dari pengaturan tata lampu, alat-alat elektronik seperti televisi, AC, hingga berbagai alat-alat rumah tangga lainnya. Penerapan sistem ini pun memungkinkan Anda untuk memberikan suasana ‘adanya kehidupan’, meski sebenarnya Anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat. Menariknya, sistem ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan itu semua hanya dengan menggunakan suara, sinar infra merah, atau dengan kendali jarak jauh (remote) melalui smartphone. Semua bisa saling terkonenksi. Secara umum, segala alat-alat elektronik bisa digabungkan ke dalam sistem rumah pintar. Lalu hal apa saja yang dapat di kontrol? Beberapa diantaranya sebagai berikut:

LIGHTING CONTROL
Hal ini memungkinkan kita untuk mengatur lampu di seluruh ruangan rumah, bahkan ketika kita sedang berada diluar sekalipun. Tingkat pencahayaan dan warnanya pun dapat diatur sesuai keinginan, redup atau terang. Dengan lighting control, penggunaan listrik akan lebih efektif dan efisien sehingga menghemat pembayaran.

CLIMATE CONTROL (HVAC)
HVAC atau Heating, Ventilation, Air Conditioning, digunakan untuk mengontrol sirkulasi udara secara otomatis seperti AC, exhaust dan sebagainya. Fungsi ini juga dapat mengatur tirai jendela, yang bisa menutup dan membuka secara otomatis agar mendapat cahaya matahari atau angin yang sesuai dengan keinginan.

HOME SECURITY AND SAFETY
Digunakan untuk mengamankan dan melindungi rumah dari maling atau tindak kriminal lainnya. Contohnya seperti CCTV, sensor gerak, alarm, fire and smoke detector, serta perangkat keamanan lainnya. Dengan demikian, Anda pun dapat mengawasi rumah selama 24 jam, meskipun sedang berada diluar.

HOME ENTERTAINMENT
Hal ini memungkinkan Anda untuk menonton televisi, menonton film ataupun menyalakan musik hanya dengan perintah suara. Cukup dengan mengatakan “menyalakan televisi”, Anda bisa langsung menonton serial televisi kesayangan Anda tanpa harus mencari remote terlebih dahulu.

 

APA SAJA ALAT UNTUK MENGONTROL PERLALATAN TERSEBUT?
Selain sensor suara dan infra merah, Anda juga bisa mengontrol melalui iPad, laptop, smartphone, remote control, wireless switch, dan touchscreen yang dapat tertanam di tembok atau dimeja. Anda pun bisa mengontrolnya melalui jaringan internet.

Yang perlu kita catat, rumah pintar ini bukanlah konsep rumah masa depan. Sebab, segala kemudahan dan kenyamanan yang telah dijabarkan di atas sudah bisa dirasakan pada saat ini. Hal tersebut telah dilakukan oleh First Media yang mengusung teknologi rumah pintar melalui konsep Home Automation. Konsep ini merupakan bentuk penyempurnaan dari Home Smart Living yang sebelumnya pernah diusung oleh First Media. 
(AGR/IND/LMN/NDR)