10 Istilah Populer yang Identik dengan Kegiatan di Bulan Ramadan

Simak 10 istilah populer yang identik dengan kegiatan di bulan Ramadan berikut ini!

Bagi umat Islam, Ramadan bukanlah sekadar momen berpuasa selama seharian penuh semata, melainkan lebih besar makna serta keutamaannya. Karena puasa Ramadan adalah salah satu dari 5 pilar Islam yang sangat wajib dilaksanakan, kehadiran Ramadan pun sangat dinanti-nanti dan disambut begitu spesial. Dan dalam pelaksanaannya, ada beberapa istilah populer dari bahasa Arab yang sangat identik dengan semua kegiatan dibulan penuh keberkahan ini. Istilah-istilah ini kerap kali disebut dan mungkin sudah terdengar akrab bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lantas, istilah apa saja? Seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber, simak 10 istilah populer yang identik dengan kegiatan di bulan Ramadan berikut ini!

1 –Ramadan Karim atau Ramadan Mubarak

Kareem (Karim)” dalam bahasa Arab adalah murah hati. Istilah Ramadan Kareem sendiri pun bermakna pada kemurahan hati Allah SWT atas keberkahan untuk semua umat-Nya di bulan Ramadan. Sedangkan istilah Ramadan Mubarak punya arti “Ramadan yang berbahagia” atau “Ramadan yang diberkahi”. Kedua istilah ini biasa digunakan antaraumat muslim kepada umat muslim lainnya sebagai bentuk pengucapan sambutan bulan Ramadan lho. Pernah dengar?

2 –Sahur

Sahur adalah penyebutan untuk kegiatan makan sebelum puasa dimulai. Sahur ini harus dilakukan sebelum terbitnya matahari, atau sebelum azan subuh berkumandang.

3 – Imsak

Masih berkaitan dengan Sahur, Imsak merupakan pertanda bahwa waktu berpuasa telah dimulai.Imsak biasanya terjadi 10 menit sebelum azan subuh, di mana tidak boleh lagi melanjutkan makan (Sahur).

4 –Saum/Siyam

Saum/Siyam merupakan variasi kata dari berpuasa. Keduanya berasal dari bahasa Arab, yang sering diucapkan dalam kalimat “ana sayim/sayima” dengan arti “saya sedang puasa”.

5 –Iftar

Kalau Iftar sendiri artinya berbuka puasa. Penyebutannya cenderung kepada penjamuan berbuka puasa yang dilakukan oleh orang-orang Muslim secara bersama-sama. Mungkin orang-orang di Indonesia sih lebih akrab dengan sebutan “bukber” alias buka bersama, ya!

6 – Iktikaf

Iktikaf adalah bentuk dedikasi seorang umat muslim untuk berdiam diri di dalam masjid selama beberapa hari untukfokus beribadah dalam artian meminta pengampunan dosa atas segala perbuatannya, dan mencari rida Allah SWT. Sebenarnya Iktikaf bisa dilakukan kapan saja, namun lebih diutamakan 10 hari sebelum berakhirnya bulan Ramadan.

7 –Takjil

Pernah dengar istilah Takjil? Takjil ini lebih dikenal sebagai hidangan/makanan pengganjal perut (biasanya yang manis-manis)yang disajikan untuk berbuka puasa. Saat bulan Ramadan, umumnyakamu melihat banyak penjual kolak, bubur pacar cina, bubur sumsum candil, es buah, dan lain-lain bukan? Nah, itulah yang biasa disebut Takjil. Tetapi jika menelisik artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Takjil ini berarti menyegerakan berbuka puasa, atau lebih kepada anjuran untuk tidak menunda-nunda berbuka puasa setelah azan magrib dilantunkan.

8 –Qada

Qada Ramadan ini berarti hari pengganti dari puasa yang terlewati. Misalnya, seorang wanita muslim berhalangan puasa karena sedang haid selama 7 hari. Maka, ia harus menggantinya dalam bentuk puasa juga sebanyak jumlah hari yang ditinggalkannya. Waktu Qada Ramadan ini bisa dilakukan di lain hari, bahkan di bulan yang lain kecuali di waktu-waktu yang dilarang seperti bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, atau hari-hari Tasyrik. Dan biasanya, Qada Ramadan diperbolehkan untuk wanita yang sedang haid, orang Islam yang sedang sakit, atau yang sedang berada dalam perjalanan jauh (musafir).

9 –Tarawih

Tarawih adalah salat sunnah yang hanya bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Salat Tarawih dilaksanakan selepas waktu salat Isya’ dan bisa dilakukan secara berjamaah (bersama-sama) di masjid.

10 –Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam. Malam ini diyakini terjadi disalah satu malam ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan, dan sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Karena sifatnya yang rahasia, maka banyak umat Islam yang “memperkuat” ibadahnya selama 10 hari terakhir Ramadan demi mendapatkan malam Lailatul Qadar, di mana salah satu kegiatannya adalah Iktikaf.

 

Itulah 10 istilah populer yang identik dengan kegiatan selama bulan Ramadan. Nah, buat pelanggan First Media yang hendak menyambut bulan Ramadan, siap-siap untuk menikmati akses open channel religi Islami, yaitu Citra Muslim HD (Ch: 410), TV9 (Ch: 44), serta Al Quran Al Kareem (Ch: 47) yang dimulai dari tanggal 11 April – 15 Mei 2021Gimana? Siap menyiapkan hati dan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan kali ini?

Share :

You might also like :

Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan First Media!
4 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Song Joong K...

Comments :

Close