3 Investasi Terbaik di Tahun 2021

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai paham pentingnya berinvestasi. Berinvestasi bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Cari tahu lebih lanjut mengenai 3 investasi terbaik di Tahun 2021!

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai paham pentingnya berinvestasi. Berinvestasi bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi dimasa yang tidak menentu seperti sekarang, kelebihan dari berinvestasi yaitu sebagai alat penjaga kekayaan jika kita bisa dengan bijak memilih instrument investasi kita.

Lalu kenapa sih kita perlu sadar akan pentingnya berinvestasi? Karena dengan berinvestasi, itu menjadi salah satu upaya kita dalam meminimalkan risiko inflasi tiap tahunnya. Inflasi adalah kenaikan seluruh harga dan secara terus-menerus berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Nah maka dari itu, yuk pelajari lebih lanjut macam-macam investasi terbaik di tahun 2021 yang sesuai dengan kamu!

1. Saham

Saham merupakan jenis salah satu instrumen investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu badan usaha, termasuk penghasilan dan aset. Melalui BEI (Bursa Efek Indonesia) masyarakat umum bisa memiliki saham dari perusahaan yang terdaftar.
Jika kita berinvestasi saham, maka kita juga bisa dikategorikan sebagai pemilik perusahaan tersebut. Namun, porsi kepemilikannya sesuai dengan besarnya investasi yang kita miliki di perusahaan tersebut.

Ada dua keuntungan utama dari berinvestasi saham, yaitu:

  • Capital gain adalah keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham
  • Dividen adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan yang asalnya dari laba yang dihasilkan perusahaan terbuka atau Tbk. tersebut.
    Selain keuntungan, investasi saham juga punya risiko, :
  • Risiko likuidasi adalah kondisi dimana perusahaan terbuka dinyatakan pailit oleh Pengadilan. Lalu dibubarkan dan kemudian aset-asetnya dijual untuk membayar seluruh kewajiban. Jika ada sisa dari hasil penjualan, pemegang saham berhak atas sisa penjualan tersebut.
  • Capital loss adalah kerugian dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham. Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain.

2. Reksa Dana

Ketika kita berinvestasi Reksa Dana, maka artinya kita sudah berinvetasi di Saham, Obligasi, dan Deposito. Namun dalam Reksa Dana ada perantara Manajer Investasi professional yang bertugas untuk mengumpulkan dana dan mereka juga yang mengelola investasi kita dengan strategi yang mereka miliki.
Reksa Dana bisa menjadi salah satu pilihan untuk yang belum mempunyai pengalaman cukup dibidang investasi. Namun memang keuntungan yang didapat tidak sebesar jika berinvestasi Saham.
Reksa dana sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang terdiri dari instrumen pasar uang (deposito, obligasi negara, dan obligasi swasta) dengan komposisi 100 persen.
  • Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana dengan komposisi 80 persen atau lebih berupa obligasi negara.
  • Reksa dana saham adalah jenis reksa dana dengan komposisi 80 persennya berupa saham.
  • Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang komposisinya terdiri dari saham, obligasi, dan pasar uang.
  • Reksa dana indeks dan ETF adalah jenis reksa dana yang menggunakan indeks saham sebagai acuannya, seperti reksa dana ETF IDX30 atau reksa dana ETF LQ45.

3. Emas

Emas atau logam mulia termasuk salah satu bagian dari investasi terbaik bagi sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi jenis investasi ini merupakan aset yang mudah diperjual belikan. Ditambah lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, harga emas juga cenderung naik dalam kurun waktu belakangan ini. Maka tidak heran jika Emas menjadi salah satu instrumen terbaik di tahun 2021.

Memang keuntungan dalam berinvestasi emas baru bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang, namun resiko untuk mengalami penuruan harga tidak sebesar resiko berinvestasi dengan Saham.

Nah, dari penjelasan diatas pastinya kamu sudah tahu dong jenis investasi apa yang cocok buat Kamu! Sebelum menentukan instrumen investasi apa yang cocok dengan kamu, pastikan bahwa modal yang kamu miliki sudah sesuai dengan kemampuan kamu ya!

Tapi khusus kamu pelanggan setia First Media, kamu ga perlu khawatir lagi memikirkan modal untuk mulai berinvestasi loh! Kini First Media menghadirkan sebuah program Member Get Member, untuk setiap referral yang berlangganan First Media. Kamu dan referral berhak mendapatkan reward! Gak bakal rugi, ajakin teman, keluarga, dan kerabat sebanyak-banyaknya! Karena sudah ada Logam Mulia hingga 25gr menanti Kamu diakhir periode. Makin banyak ajak, makin besar hadiah nya! Ayo kapan lagi Kamu bisa mulai berinvestasi tanpa modal! Cek informasi selengkapnya mengenai program Member Get Member di sini.

Share :

You might also like :

Tips Agar Tetap Aman Menggunakan Internet
Atlet Angkat Besi Windy Cantika Meraih Medali Pert...

Comments :

Close