8 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi COVID-19

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting dilakukan agar tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara optimal. Terlebih dalam situasi Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita dituntut agar tetap sehat supaya terhindar dari penularan virus tersebut. Lalu, bagaimana cara agar kita tidak tertular? Salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Tubuh dengan imun yang kuat akan sangat sulit tertular dari penyakit-penyakit apa pun.

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting dilakukan agar tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara optimal. Terlebih dalam situasi Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita dituntut agar tetap sehat supaya terhindar dari penularan virus tersebut. Lalu, bagaimana cara agar kita tidak tertular? Salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Tubuh dengan imun yang kuat akan sangat sulit tertular dari penyakit-penyakit apa pun. Berikut ini ada 8 pilihan makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh dengan baik:

Brokoli
Salah satu makanan yang masuk dalam kategori sayur ini sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh. Selain mengandung sejumlah vitamin dan mineral, brokoli juga tinggi antioksidan. Sebaiknya, jangan terlalu lama memasak brokoli karena akan menghilangkan beberapa nutrisi di dalamnya.

Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu bahan rempah yang sering hadir di berbagai masakan sebagai penyedap. Dengan kandungan beberapa senyawa sulfur, bawang putih juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, bawang putih berguna bagi penguat daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kolestrol dan penyakit jantung.

Jahe
Jahe memiliki kandungan vitamin C, magnesium, gingerols, zingerones, dan beberapa kandungan lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan-bahan kandungan ini pun juga kaya antioksidan sehingga bisa menangkal radiasi virus dan bakteri.

Bayam
Bayam adalah jenis sayur yang kaya akan vitamin C, antioksidan, vitamin A, serta beta-karoten. Kandungan-kandungan ini memang sangat baik untuk mencegah paparan virus dan bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh. Sama seperti brokoli, bayam tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan mengakibatkan hilangnya beberapa nutrisi.

Kunyit
Tanaman rempah berwarna kuning ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Diperkaya dengan kandungan kurkumin, protein, karbohidrat, sesmetoksikumin, resim, pati, vitamin c, antioksidan, fosfor, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Gunakan Kunyit sebagai bahan masakan atau kamu bisa meraciknya menjadi minuman yang lezat.

Pepaya
Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin c. Selain itu, pepaya juga mengandung potassium, magnesium, serta folat yang sangat baik dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

Sitrus
Serupa dengan pepaya, sitrus adalah buah-buahan yang mengandung vitamin c sangat tinggi. Kandungan vitamin C juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih sehingga bisa menurunkan risiko penularan penyakit. Buah-buahan yang termasuk dalam kelompok sitrus adalah jeruk, grapefruit, lemon, lime, dan lain sebagainya.

Yogurt
Yogurt yang dimaksud adalah yogurt yang plain tanpa tambahan gula, zat pewarna, dan tambahan perasa. Mengandung vitamin D, asam laktat, prebiotik, zinc, kalsium, vitamin B, protein, dan ragam jenis mineral. Yogurt bisa menjadi pilihan dessert setelah menu utama. Agar rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan topping potongan buah, taburan kacang almond, atau siraman madu.

Meski pun beberapa makanan di atas bisa menigkatkan imunitas tubuh, tapi bukan berarti kamu bisa terhindar begitu saja dari serangan penyakit. Kamu tetap harus menjaga pola hidup yang sehat dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Kurangi aktivitas yang tidak perlu seperti begadang, merokok, hingga meminum alkohol. Untuk memanfaatkan waktu luang, kalian bisa menonton beragam film di channel terfavorit ataupun browsing video atau tips hidup sehat di internet. Pastinya jangan lupa menggunakan Internet Unlimited First Media agar koneksi cepat dan tanpa batasan jadi gak bikin makin kesel karena koneksi lemot. Informasi detail mengenai paket internet First media bisa cek DISINI!
 
Jadi, Stay Healthy First People

Share :

You might also like :

Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet Ketika Menggunakan Zoom
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close