Istilah-Istilah K-Pop yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu baru di dunia K-Pop? Yuk pelajari istilah-istilah yang biasa digunakan para fans di dunia K-Pop!

Jika kamu baru menjadi fans boyband/girlband sebuah group K-Pop, kamu wajib tahu istilah-istilah berikut ini.

Fandom

Istilah ini biasanya ditunjukan pada sebuah kelompok fans yang mengidolakan boyband atau girlband tertentu. Bisa dibilang istilah fandom itu sama seperti Fans Club. Sebagai contoh, nama fandom BTS itu ARMY, Blackpink itu BLINK, NCT itu NCTzen dan EXO itu EXO-L.

Ultimate Bias dan Bias Wrecker

Biasanya jika kamu baru terjun ke dunia fans K-Pop, pasti banyak yang bertanya “Bias kamu siapa?”. Bias itu sebutan untuk anggota grup yang paling kamu sukai. Namun, bukan berarti kamu tidak menyukai anggota lainnya. Ultimate bias itu berarti urutan pertama dari daftar list per-bias-an kamu. Sedangkan kalau bias wrecker itu anggota yang kadang “menggeser” posisi ultimate biasmu. Sebagai contoh, misalnya ultimate bias kamu di NCT 127 itu Jaehyun, sedangkan bias wrecker-nya itu Taeyong! Tapi tenang, kamu tetap menyukai dan mendukung kedelepan member NCT 127 lainnya. Jadi, siapa biasmu?

Rookie

Rookie adalah sebutan bagi idol Korea yang baru saja memulai karir atau debut-nya, atau bisa disebut juga sebagai artis pendatang baru. Biasanya di tiap acara award akan ada nominasi Rookie of the Year, dimana pemenangnya dipilih dari antara para rookie idol yang baru berkarir selama setahun terakhir.

Sunbae dan Hoobae

Sunbae adalah sebutan untuk senior, dan Hoobae adalah istilah untuk junior. Sunbae biasanya adalah mereka yang sudah memulai debutnya terlebih dahulu. Sebagai contoh, boygroup Stray Kids akan menyebut 2PM sebagai Sunbae mereka. Sedangkan bagi 2PM, Stray Kids adalah Hoobae mereka.

Maknae

Selain sebutan Sunbae dan Hoobae, ada juga sebutan Maknae. Biasanya di dalam sebuah group, terdapat perbedaan umur. Anggota termuda akan disebut sebagai maknae. Contohnya, Jisung adalah maknae di NCT dan NCT Dream, sedangkan Yangyang adalah maknae group WayV.

Sasaeng

Sasaeng adalah sebutan bagi fans garis keras yang sangat terobsesi dengan idola mereka. Bahkan bisa mengganggu privacy idol, mengikutinya kemanapun, merekam kehidupan idol secara dekat, dan menjual informasi idol atau melakukan terror ke idol dengan menelepon terus menerus. Hal seperti ini jangan dicontoh ya. Kita cukup jadi fans yang mendukung idol dan bisa menjaga kehidupan pribadi idola kita. Tidak boleh fans hingga terobsesi.

Fanchant

Biasanya ketika sebuah boygroup atau girlgroup sedang bernyanyi saat konser, para fans biasanya bersorak meneriakan kalimat-kalimat tertentu. Ini dinamakan fanchant, atau seperti yel-yel. Fanchant kadang dibuat oleh fans sendiri atau kadang ditentukan oleh agency/idol langsung. Sebagai contohnya, berikut contoh fanchant di akhir lagu “Left and Right” dari Seventeen.
Seventeen: Gati Gobaja geokjeong eopsi (carat: ah yeah)
Seventeen: Deo deo hwaksilhage follow me (carat: yeh it goes like)
Seventeen + Carat: Left and right, left and right, left and right, rip it rip it
Carat: Choi Seungcheol, Yoon Jeonghan, Hong Jisoo, Moon Junhwi, Kwon Soonyoung, Jeon Wonwoo, Lee Jihoon, Seo Myeongho, Kim Mingyu, Lee Seokmin, Boo Seungkwan, Choi Hansol, Lee Chan! Seventeen! Bit Nae Jul Gae.

Bagaimana? Sudah hafal semua istilah ini? Streaming terus MV lagu idolamu di platform kesayangan kamu. Pastikan kamu menggunakan internet yang beneran tanpa batas dari First Media, dijamin gak buffer dan streaming makin asyik! Berlangganan sekarang karena banyak promo menantimu!

Share :

You might also like :

3 Fakta Film House of Gucci
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close