Percepat Ekspansi Bisnis Anda Dengan VSAT HTS

Teknologi VSAT sekarang semakin matang, dan berpotensi bisa menekan biaya hingga 25%. Hal ini memberi kesempatan bisnis berekspansi lebih cepat. Pertanyaannya, bagaimana VSAT dapat membantu ekspansi bisnis Anda?

VSAT adalah singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yakni stasiun bumi dua arah yang mengirim dan menerima data dari satelit. Data tersebut lalu diteruskan ke terminal atau hub jarak jauh lainnya di planet ini.

Dari kemampuannya tersebut, VSAT bisa membantu banyak organisasi yang beroperasi di wilayah-wilayah pedesaan dan pelosok negeri, seperti di bidang kemaritiman dan perikanan, pertambangan, ritel, pemerintahan dan pelayanan kesehatan.

Teknologi VSAT sekarang semakin matang, dan berpotensi bisa menekan biaya hingga 25%. Hal ini memberi kesempatan bisnis berekspansi lebih cepat. 

Pertanyaannya, bagaimana VSAT dapat membantu ekspansi bisnis Anda?

Peran Very Small Aperture Terminal (VSAT)

Jaringan VSAT membawa banyak keuntungan ketika menggelar sistem komunikasi bagi organisasi. Sebagai stasiun bumi yang mampu berkomunikasi dengan satelit, infrastruktur yang diperlukan untuk melayani lokasi terpencil menjadi lebih sedikit.

 

Kemampuan ini menjadikan jaringan VSAT pilihan ideal untuk menyediakan konektivitas ke lokasi kerja jarak jauh. Sebagai contoh di perusahaan pengeboran eksplorasi yang perlu mengirimkan log bor harian ke kantor pusat.  Dengan demikian, kantor pusat selalu bisa memantau perkembangan proyek eksplorasi dan lebih cepat mengambil keputusan. 

VSAT juga tidak tergantung pada ketersediaan jaringan telekomunikasi lokal. Keunggulan ini menjadikan VSAT sebagai sistem ideal untuk mencadangkan infrastruktur berbasis kabel. Cara ini mengurangi risiko ketika pemulihan bisnis.  Pada saat jaringan kabel mati, bisnis masih bisa terus berjalan menggunakan jaringan VSAT.

Dalam menggunakan VSAT, yang perlu diperhatikan adalah faktor latensi. Disini, informasi membutuhkan waktu yang cukup untuk mencapai piringan dan stasiun. Salah satu bagian dari sistem juga perlu berada di orbit geosinkron di atas bumi.

Sejak kehadiran koneksi High Throughput Satellite (HTS) di Indonesia pada 2019, teknologi VSAT menjadi lebih matang. VSAT bisa menjadi lebih cepat dan real-time. Melalui sistem HTS, penyedia layanan jaringan menawarkan solusi VSAT generasi baru. 

HTS, jaringan yang membantu VSAT berjalan lebih cepat

Sistem HTS menggabungkan efisiensi spektrum yang lebih kuat dan kinerja antena spot-beam yang dilengkapi transponder ultra-wideband. Kombinasi ini menghasilkan tingkat bandwidth dan throughput yang lebih tinggi. Singkatnya, konektivitas menjadi jauh lebih baik. 

Setiap spot beam menggunakan kembali frekuensi di beberapa operator sehingga satu HTS dapat menyediakan lima hingga sepuluh kali kapasitas satelit konvensional.

Bagi bisnis, ini memberikan potensi untuk meningkatkan kecepatan data hingga 100 Mbps ke satu situs. Hasilnya, kinerja aplikasi bisa lebih baik dibandingkan dengan komunikasi berbasis satelit konvensional dan gelombang radio.

Terlepas dari keuntungan besar pada HTS, sekarang bagaimana teknologi baru ini dapat meningkatkan kinerja industri ?

Dikutip dari JPNN, Indonesia-ITU Concern Forum (IICF) mengungkap Very Small Aperture Terminal High throughput satellites (VSAT HTS) memiliki biaya sewa aplikasi lebih murah sekitar 25% dari sewa VSAT non HTS.

Hadirnya inovasi HTS ini, bisa menekan sewa biaya VSAT yang selama ini biaya sewa C-Band cukup tinggi sekitar US$ 1.730/Mbps. Melalui HTS Ku atau Ka Band bisa turunkan signifikan sekitar US$ 400/Mbps. 

Hal ini karena teknologi HTS menggunakan spot beam yang fokus pada area sempit untuk menyediakan jangkauan di area yang luas, sementara satelite konvensional masih menggunakan wide beam. Karena sempitnya penggunaan spot beam, mereka mampu memfokuskan sinar untuk menghasilkan throughput hingga 20+ kali lebih banyak. Hasilnya, biaya per bit turun secara signifikan.

Percepat Ekspansi Bisnis Anda dengan Link Net

Link Net memperluas kemampuan untuk mendukung permintaan pelanggan yang semakin meningkat akan konektivitas di pasar data driven dan mobilitas perusahaan. VSAT HTS Link Net menawarkan lebih banyak manfaat kepada pelanggan daripada sekadar throughput yang lebih cepat.

VSAT Ku-band/ HTS Broadband memberikan frekuensi 17,7 – 21,2 GHz downlink dan 27,5 – 31 GHz uplink, yang memaksimalkan akses komunikasi ke area terpencil dengan akses internet yang lebih cepat.

Dengan jangkauan beam yang lebih sempit, VSAT HTS Broadband dari Link Net mengurangi biaya per bit secara signifikan, sehingga penggunaan VSAT HTS tepat untuk mempercepat ekspansi.

Selain itu, ketika sistem HTS berkembang biak, jaringan VSAT akan memiliki pilihan dalam mengimplementasikan solusi yang disesuaikan dengan lingkungan bisnis.

Yang jelas adalah kehadiran VSAT HTS memberi kemudahan Anda untuk menjangkau cabang dimana saja bisnis Anda berada dengan harga yang komprehensif dan frekuensi tinggi untuk pertimbangan investasi Anda.

Untuk informasi dan penawaran menarik dari VSAT HTS Broadband di Link Net Anda dapat kunjungi disini.

Share :

You might also like :

4 Hal yang Tak Boleh Kamu Sebar di Media Sosial
Cara Membangun Media Sosial Agar Lebih Menarik!

Comments :

Close