Smartboard, Solusi Pintar Tunjang Aktivitas Smart Office

Bayangkan semua corat-coret pada papan tulis Anda dapat otomatis tersimpan!

 


Teknologi telah mengubah aktivitas pekerja saat ini dan mampu memberi produktivitas maupun  efektivitas dalam dunia kerja. Dari berbagai kecanggihan teknologi, ada alat yang juga perlu diacungi jempol yaitu Smartboard. 

Smartboard atau papan tulis pintar, adalah layar sentuh besar yang dapat dikontrol oleh pengguna. Papan ini layaknya papan tulis bermesin komputer, bedanya layar ini dapat disentuh dan dicorat-coret layaknya layar smartphone. Alat ini memiliki layar sentuh yang dapat dikontrol yang bekerja dengan proyektor dan komputer. 

Papan pintar hadir dengan banyak fitur canggih yang akan merevolusi ruang kerja, rapat, presentasi dan video conference Anda.

Bagaimana cara kerja Smartboard?

Smartboard hadir dengan pilihan berbeda untuk jenis dan resolusi layar. Dalam pengaplikasiannya Anda bisa mendapatkan panel datar dan layar proyeksi. 


Dalam penggunaannya, proyektor digunakan sebagai alat untuk menempatkan gambar desktop komputer ke papan pintar, yang berfungsi sebagai monitor dan perangkat input. 

Pada penggunaan koneksi, Smartboard dapat digunakan baik secara nirkabel atau melalui kabel. Koneksi nirkabel berfungsi sama seperti Wifi atau Bluetooth. Sementara kabel dapat dilakukan dengan USB atau port serial. 

Setelah papan pintar berfungsi baik, pengguna dapat menulis di papan dengan tinta digital atau menggunakan jari untuk mengontrol aplikasi komputer dengan mengarahkan, mengklik dan menyeret, seperti dengan mouse desktop. 

Teknologi resistif yang digunakan di Smartboard sama dengan yang digunakan dengan PDA. Hal ini memungkinkan Smartboard untuk dapat memproses pergerakan jari atau alat pena ketika menyentuh permukaan. 

Resistif artinya terdapat celah kecil udara di antara dua lembar material resistif di dalam Smartboard. Saat pengguna menekan papan dengan pena atau jari, titik kontak didaftarkan dan koordinatnya sesuai dengan area yang sama di layar komputer. 

Beberapa elemen lain yang digunakan pada Smartboard adalah, perangkat lunak, pemutar video, perekam, keyboard di layar, dan bayangan layar.

Papan ini efektif untuk melakukan interaksi tatap muka atau virtual dalam bisnis, pendidikan dan pemerintahan.

Manfaat Smartboard untuk Presentasi Anda


1. Lebih Kolaboratif

Melalui smartboard setiap orang di ruangan dapat mengakses materi yang sedang dipresentasikan melalui akses dari perangkat mereka sendiri. Tim Anda dapat berbagi file dan bahkan mengeditnya secara real time sehingga rapat Anda terasa lebih kolaboratif.  

2. Menghubungkan dari jarak jauh 

Dengan menggunakan jaringan WiFi yang sama, ponsel dan smartboard anda dapat saling terhubung melalui aplikasi. Anda dapat mengontrol smartboard untuk membuat dan mengedit dokumen, menggambar dan membuat anotasi, serta mengontrol rapat dari perangkat Anda. 

Smartboard efektif membangun interaksi kolaboratif saat tatap muka, bagaimana saat jarak jauh? Smartboard adalah solusinya!

Menggunakan smartboard, peserta rapat dari jauh dapat turut bergabung secara daring. Mereka dapat berbagi file melalui telecommuter dan bahkan saling berbagi layar.

3. Dapat membuat diagram ide dengan mudah


Dengan memanfaatkan smartboard, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan tulisan atau gambar apapun yang Anda miliki di layar yang menjadikan rapat lebih visual dan menarik, Sehingga setiap orang yang menghadiri rapat dapat mengilustrasikan ide mereka melalui corat coret ataupun gambar yang mereka inginkan 

4. Tidak perlu spidol


Seperti yang telah diungkapkan diatas, smartboard memiliki sensor yang responsif. Karena Smartboard dirancang menggunakan teknologi resistif, maka tidak memerlukan pena atau mouse khusus untuk menjalankan fungsi mouse atau pena di papan tekanan pada permukaan papan sudah cukup. Dengan menggunakan smartboard Anda dapat mengganti spidol dengan sentuhan jari atau dengan gerakan tangan.

Mulai aplikasikan Smartboard Anda


Nikmati berbagai variasi konten dengan berbagi dari perangkat komputer maupun seluler secara cepat dan terkendali.

Smartboard IdeaHUB dari Huawei saat ini terintegrasi dengan Link Net. Dilengkapi fitur yang dapat mengintegrasikan 4 adegan, yaitu Interaktif Papan tulis, proyeksi presentasi, konferensi video, dan Aplikasi Office Terbuka, papan pintar ini memudahkan Anda dalam memberi dan menjabarkan ide saat presentasi.

Smartboard ini juga didukung Artificial Intelligence Block Noise menggunakan Smart Display, 12 susunan mikrofon, teknologi beamforming, dan algoritma unik dari AI yang secara otomatis memilah suara agar tidak terjadi noise. 

Dukungan NFC dan port USB proyektor pada smartboard ini juga memungkinkan Anda menampilkan konten dalam satu klik. Resolusi H.265 HD, 4K experience, ketepatan penulisan mencapai 1 mm, dengan penulisan papan pintar yang lebih akurat, membuat pengalaman meeting dan konferensi video lebih menakjubkan.

IdeaHUB, papan pintar yang mengagumkan untuk Smart Office saat ini. Untuk informasi dan penawaran menarik, Anda dapat mengunjungi di sini.

Share :

You might also like :

VSAT HTS untuk Perkembangan Inklusi Fintech di Indonesia
Nonton Youth MT “Young Actor’s Retreat” Variety Sh...
Close