Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Dan Penjelasan

Berikut merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket dari passing sampai shooting!

Bola basket adalah permainan dalam olahraga dengan anggota masing-masing lima dalam dua tim yang berlawanan. Jika kamu bosan berolahraga sendiri, kamu harus mencoba olahraga jenis ini yang bisa dilakukan bersama teman-teman kamu. 

Basket adalah permainan yang berasal dari  Massachusetts, Amerika Serikat yang diciptakan oleh Dr. James Naismith seorang guru olahraga. Olahraga yang terkenal di penjuru dunia ini merupakan olahraga yang juga digemari di Indonesia. 

Untuk bisa memainkan permainan ini kamu harus paham teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket agar kamu dan tim bisa memenangkan pertandingan. 

Teknik dasar dalam permainan bola basket : 

1. Memegang bola basket

Caranya adalah dengan menggunakan dua tangan, kanan dan kiri dengan jari pada telapak tangan yang harus direntangkan dan tekan agar bola tidak mudah direbut oleh lawan. 

2. Teknik Mengoper bola basket (passing)

Caranya bisa dengan dua teknik, yaitu Air pass dan Bounce pass. 

  • Air pass adalah teknik mengumpan dengan melempar bola ke arah satu tim, namun bola tidak menyentuh lantai lapangan.

  • Bounce pass merupakan melempar bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima bola.  

  • Chest pass adalah mengoper bola dengan dua tangan yang berada tepat di depan dada. 

  • Back Pass adalah mengoper bola dengan satu tangan dari posisi belakang punggung. Teknik ini dilakukan jika kamu ingin mengoper ke teman tim yang berjarak dekat.

  • Under pass adalah mengoper bola dari jarak sepinggang dengan arah yang lurus ke teman satu tim kamu. 

3. Menggiring Bola Basket (Dribbling)

  • Hesitation Move dilakukan dengan menahan bola sebentar untuk memecah konsentrasi lawan atau sambil berpikir melihat keadaan lawan didepan. 

  • Change of pace adalah teknik dasar yang paling umum dilakukan dengan mengubah tempo dribbling untuk menyerang dan membuat strategi untuk menyerang lawan. 

  • Crossover, dilakukan dengan cara mengubah posisi satu tangan ke tangan kedua lainnya. Teknik ini bertujuan untuk menghindari rebutan dari lawan. 

4. Menembak Bola Basket (Shooting)

Teknik ini merupakan salah satu yang terpenting karena untuk mencetak skor yaitu hanya dengan menembak bola ke ring lawan. Para pemain bola basket sering berlatih teknik ini secara rutin sehingga terbiasa untuk memasukkan bola ke ring lawan. 

  • Jump shot adalah diawali dengan posisi tubuh dengan kaki terbuka dan bahu yang sejajar dengan kaki dan melompat sambil mengarahkan bola diatas kepala. 

  • Lay Up, adalah menembak bola dari arah sebelah kanan atau kiri yang dilakukan dengan dua hitungan langkah kaki. 

  • Free throw, sama seperti jump shot namun free throw tidak melompat melainkan, menekuk lutut dan melempar bola ke arah ring. 

Nah, gimana teknik permainan bola basket diatas? Jangan hanya teori, namun kamu juga perlu latihan secara intensif sambil melihat contoh dari pemain-pemain seluruh dunia dan langsung mempraktikkannya. 

Kamu bisa menonton pertandingan pemain profesional dalam pertandingan NBA dengan menikmati paket promo first sport untuk menyaksikan NBA dengan kualitas gambar terbaik dari first media hanya Rp. 25.000. Yuk cek sekarang promonya!

Share :

You might also like :

Cara Mudah Melindungi Gadget Agar Terhindar Dari Hacker
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close