Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasan

Bermain sepak bola menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari dan sangat menyehatkan. Apalagi jika kita bisa memainkannya dengan teknik yang benar

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan dengan kaki, dengan bola yang secara umum terbuat dari kulit. Dalam sepak bola terdapat dua tim yang terdiri atas 11 orang yang saling menyerang satu sama lain untuk mendapatkan gol. Olahraga ini merupakan salah satu yang paling populer di kalangan orang Indonesia. Sepak bola merupakan olahraga yang mengandalkan kecepatan, kekuatan, dan kecerdasan serta yang paling penting, sepakbola memerlukan kaki yang kuat. Di luar Indonesia, sepak bola menjadi olahraga yang bisa dibilang paling paling populer, bahkan lebih populer dari basket dan rugby. Banyak tim-tim hebat seperti Liverpool, Arsenal, Manchester United dan yang lainnya memberikan gaji yang begitu besar bagi para pemainnya. Lalu kira-kira apa saja yang termasuk dalam teknik dasar permainan sepak bola? Berikut ulasannya.

1. Passing

Merupakan teknik yang sangat dasar dan harus bisa dilakukan oleh pemain sepak bola dimana seorang pemain akan memindahkan bola ke pemain lainnya. Teknik ini dilakukan dengan cara membentuk sikap tubuh tegak dan menghadap ke bola, lalu jadikan kaki kiri atau kanan sebagai kaki tumpuan dengan posisi agak menekuk, lalu ayunkan kaki yang satunya ke bola dan arahkan bola ke teman setim yang ingin kamu oper. Pastikan menggunakan kaki bagian dalam dan bola jangan sampai melayang atau memantul.

2. Control

Teknik ini digunakan saat kamu hendak menerima bola. Caranya adalah bentuk sikap tubuh tegak lalu jadikan satu kaki kiri atau kanan menjadi tumpuan. Lalu terima bola dengan kaki yang tidak menjadi tumpuan. Pastikan saat menerima bola, kaki yang menerima bola agak sedikit digerakkan ke belakang agar bola dapat terkontrol secara sempurna.

3. Shooting

Teknik ini sangat penting untuk mencetak gol atau membuang bola dari daerah kotak penalti tim kamu. Caranya adalah jadikan satu kaki kanan atau kiri sebagai tumpuan, lalu ayunkan kaki yang satunya dengan keras dan terukur ke bola. Arahkan tendangan kamu ke bagian gawang yang tidak terjaga dengan baik oleh keeper dan pastikan tenaga yang disalurkan pas, tidak terlalu kencang dan terlalu pelan sesuai dengan kebutuhan.

4. Crossing

Hampir sama dengan teknik passing, teknik ini bisa dibilang lanjutannya. Tujuannya sama yaitu memindahkan bola ke pemain lain. Bedanya adalah, crossing ini biasa dilakukan dengan kecepatan bola yang jauh lebih cepat daripada passing biasa. Biasanya crossing juga dilakukan agar bola melambung keatas untuk menemukan pemain lain yang kosong agar pemain tersebut bisa menggunakan teknik heading. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara siapkan tumpuan kaki kanan atau kiri dan ayunkan kaki satunya ke bola. Pastikan ayunan kaki kamu mengarah ke bagian yang agak bawah dari bola, agar bola dapat melambung tinggi. Gunakan punggung dalam kaki agar hasil maksimal.

5. Tackle

Teknik ini dilakukan untuk merebut bola dari lawan. Teknik ini ada dua macam, yaitu standing dan sliding tackle. Untuk standing tackle, kamu cukup ikuti pergerakan bola yang di dribbling oleh lawan mu, lalu cegat bola tersebut dengan memajukan kaki ke arah bola sambil posisi berdiri dan berlari mengikuti pergerakan bola. Untuk sliding tackle caranya hampir sama, namun kamu bisa menjatuhkan diri sambil menjulurkan kaki kamu ke arah bola. Sliding tackle ini memiliki jangkauan yang lebih pandang dan biasa digunakan untuk menghadang lawan yang posisinya masih cukup jauh.

6. Heading

Teknik terakhir adalah heading yang menggunakan kepala untuk mencetak gol atau memenangkan duel bola atas. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara berdiri dengan tegak ke arah bola, lalu sundul bola menggunakan dahi. Pastikan kamu memposisikan dirimu dan kepalamu agar bola mengenai dahi.

Gimana? Jadi kapan mau coba praktek teknik dasar permainan sepak bola? Teknik dasar ini juga bisa kamu lihat di youtube loh, banyak sekali tutorial mengenai teknik dasar bermain sepak bola yang pastinya akan bantu kamu buat mengerti dan praktek dengan baik. Supaya lancar belajarnya kamu harus didukung dengan internet yang selalu lancar juga nih. kamu bisa pasang wifi rumah terbaik dari First Media, agar kamu bisa lancar live streaming tanpa gangguan dengan internet rumah unlimited! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kotamu seperti wifi murah Depok dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

YOASOBI Tampil di Head In The Clouds, Ini Lagu-lagu Hitsnya!
Konser Seventeen “Be The Sun” Jakarta
Close