Ternyata Inilah Beda TikTok dan TikTok Lite

TikTok dan TikTok Lite ternyata berbeda, loh. Sudah tahu perbedaannya?

Aplikasi TikTok, atau Douyin versi internasional, sebetulnya sudah diluncurkan secara global sejak tahun 2017. Namun, popularitasnya baru betul-betul meledak di awal tahun 2020, yakni saat pandemi COVID-19 merebak di berbagai belahan dunia. 

Dengan format video pendek, konten-konten TikTok berhasil cross platform atau masuk ke aplikasi lain, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Alasannya satu: konten-konten tersebut menarik, informatif, dan mudah dicerna.

Belakangan, nama TikTok Lite juga mulai ramai digunakan oleh para pengguna TikTok reguler. Sebetulnya, apa, sih, perbedaan dari kedua aplikasi ini? Kalau kamu baru saja mau daftar akun TikTok dan ingin tahu apa bedanya, yuk simak ulasannya dalam artikel ini!

Ukuran aplikasi

Dengan embel-embel “lite”, TikTok Lite tentu saja menawarkan ukuran aplikasi yang lebih lite atau ringan. Seperti yang tertulis dalam Kompas.com, aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 21 MB dan akan menjadi 182 MB setelah dipasang di smartphone kamu. Hal ini tentu sangat menguntungkan buat kamu yang memiliki RAM ponsel tidak terlalu besar.

Kalau dibandingkan, TikTok reguler memiliki ukuran aplikasi 3 kali lebih besar daripada TikTok Lite, yaitu 76 MB sebelum dipasang dan sekitar 300 MB setelah di-install di ponsel. Cukup jauh, kan, selisihnya?

Tampilan antarmuka

User interface atau tampilan antarmuka pengguna merupakan poin kedua yang membedakan TikTok dan TikTok Lite. Pada TikTok Lite, tampilan halaman muka atau For You Page (FYP) memiliki warna putih. Selain itu, ikon kotak masuk atau inbox di versi ringan ini memiliki bentuk seperti petir.

Berkebalikan dengan itu, TikTok reguler memiliki tampilan halaman muka atau FYP berwarna hitam. Kalau kamu pencinta dark mode, tentu kamu pasti lebih menyukai versi ini lantaran tidak begitu terang dan mencolok. Untuk ikon kotak masuk, versi reguler memiliki bentuk seperti amplop.

Fitur aplikasi

Mengingat ukurannya yang lebih ringan, tentu saja ada fitur-fitur TikTok reguler yang dipangkas dalam TikTok Lite. Sementara untuk urusan privasi, TikTok Lite hanya menyediakan 3 opsi untuk memblokir orang lain, mode akun privat, dan mengizinkan orang atau akun tertentu mencari profil kamu.

Fitur-fitur itu pastinya kurang lengkap kalau dibandingkan dengan versi reguler. Pasalnya, TikTok reguler dilengkapi dengan fitur Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, Wallet, React, dan Duet. Sedangkan untuk fitur privasi, TikTok reguler dibekali dengan banyak opsi untuk memblokir orang lain, pembatasan interaksi dengan pengguna tertentu, mode akun privat, juga pengaturan notifikasi yang bisa disesuaikan.

Durasi video

Perbedaan terakhir di antara keduanya terletak pada durasi konten yang bisa kamu produksi. Sebab pada TikTok Lite, kamu hanya bisa membuat video pendek berdurasi maksimal 15 detik. Sementara pada TikTok reguler, kamu bisa membuat konten video dalam berbagai durasi, mulai dari 15 detik sampai 3 menit atau 180 detik.

Nah, itulah dia beberapa perbedaan TikTok reguler dan TikTok Lite. Sudah menentukan mau install aplikasi TikTok yang mana? Kalau sudah, jangan lupa untuk gunakan koneksi internet tanpa batas, ya!

Supaya streaming-an FYP-mu terus lancar tanpa gangguan, kamu mesti pakai First Media sebagai pilihan koneksi internetmu. Soalnya, cukup dengan 200 ribuan aja, kamu sudah bisa menikmati koneksi internet tanpa batas untuk browsing video-video menarik di TikTok—apa pun versinya. Yang paling keren, kamu juga bisa dapatkan lebih dari 200 TV Channels berkualitas HD 4K, lho! Yuk, berlangganan sekarang juga!

Share :

You might also like :

Sinopsis Film Serial “Ratched”, Kehidupan Sebagai Perawat dalam Suaka Penyakit Khusus
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close