59024558-08a9-4026-bc91-0a203448e5ff

The Founder, Film Yang Menceritakan Berdirinya McDonald's

The Founder, Film Yang Menceritakan Berdirinya McDonald's

The Founder, sebuah film yang menceritakan tentang berdirinya sebuah restoran cepat saji dari Amerika Serikat yaitu McDonald's.

Halo First People, tentunya kita semua sudah tahu tentang McDonald’s, sebuah restoran cepat saji yang mempunyai banyak menu pilihan yang disukai banyak orang. Namun siapa sangka jika McDonald’s dulunya hanya restoran cepat saji yang hanya terletak di San Bernardino, California, Amerika kini telah mempunyai outlet hampir di seluruh penjuru dunia. Tahukah kamu jika keberhasilan McDonald’s tersebut diceritakan melalui sebuah film yang berjudul The Founder.

Film ini mengisahkan Ray Kroc yang awalnya hanya seorang pegawai dengan jabatan Head of Sales dari sebuah perusahaan yang menjual mesin Milkshake. Suatu hari ketika Ray Kroc berada diluar kantor dan menelpon June (Sekretarisnya) untuk menanyakan beberapa hal. Tak berselang lama, kemudian June menginformasikan bahwa perusahaan mendapatkan pesanan 6 mesin Milkshake tersebut. Ray Kroc yang kaget mendengar informasi tersebut akhirnya meminta nomor telepon dari perusahaan tersebut untuk memastikan pesanan tersebut benar. Saat menelpon dia menanyakan beberapa hal, karena restoran sedang ramai akhirnya Ray Kroc meminta alamat serta nama toko. Itulah pertama kali Ray Kroc mendengar kata McDonald’s.

Setelah menutup telepon, Ray Kroc membuka sebuah peta untuk mengetahui tempat tersebut dan melakukan perjalanan menuju tempat tersebut di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Di tempat tersebut sudah banyak orang mengantri untuk membeli hamburger dan kentang goreng di McDonald’s. Saat mengantri, Ray Kroc sempat melihat jam tangannya, lalu orang di depannya mengatakan “Jangan Khawatir, Antriannya Cepat”. Tiba giliran Ray Kroc untuk memesan, dia memesan satu hamburger, satu kentang goreng dan satu coca cola. Betapa kagetnya dia ketika makanan yang dia pesan sudah jadi tidak sampai 30 detik. Dia pun sempat bertanya kepada pelayan untuk memastikan pesanan tersebut punyanya.

Saat dia duduk untuk memakannya, dia kemudian bertemu dengan salah satu pendiri McDonald’s yaitu Mac McDonald’s. Mac yang saat itu membersihkan halaman mengajaknya mengobrol dan memperkenalkan diri. Ray Kroc kemudian berdiri dan memperkenalkan diri dan kemudian Mac McDonald’s mengajaknya untuk berkeliling di restorannya. Ray Kroc pun dengan senang hati menerima tawaran tersebut.

Setelah berkeliling di restoran McDonald’s dan bertemu dengan adik dari Mac McDonald’s yaitu Dick McDonalds, dia pun mengajak mereka berdua untuk makan malam bersama untuk menceritakan kisah mereka membuat McDonald’s. 

Saat makan malam, McDonald’s bersaudara bercerita bahwa McDonald’s bukan bisnis pertama mereka melainkan sebuah bioskop kecil di Glendora karena pemilihan waktu yang kurang tepat akhirnya bisnis tersebut bankrut. Kemudian mereka terinspirasi dari seorang bernama Wylie Reid seorang pemilik kedai hot dog dan root beer yang tetap menghasilkan uang saat kondisi ekonomi yang kurang pasti. Kemudian McDonald’s bersaudara mendapatkan sebuah ide “orang tetap butuh makan, bukan?” dan kemudian mereka mendirikan sebuah kedai hot dog dan jus jeruk di Arcadia. Namun karena tak banyak orang yang tinggal di Arcadia akhirnya mereka pindah ke San Bernardino.

San Bernardino, tempat pertama kali McDonald’s berdiri dengan nama awal McDonald’s Famous Barbeque. Disana mereka mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Namun karena model usahanya memiliki banyak masalah. Setelah ditelaah lebih lanjut ternyata 87 persen penjualan mereka dihasilkan dari penjualan hamburger, kentang goreng dan soft drink. Mereka pun menghapus semua menu yang tidak laku dan menggantinya dengan yang paling laku serta melakukan beberapa efisiensi serta memikirkan bagaimana membuat sebuah makan yang hanya butuh waktu 30 detik. Akhirnya mereka membuat sebuah sistem dan lahirlah sistem yang mereka beri nama The Speedee System.

Ray Kroc yang terkesan dengan cerita McDonald’s bersaudara kembali di keesokan harinya dan mengajak McDonald’s bersaudara untuk menjadikannya franchise atau yang dalam bahasa indonesianya adalah waralaba. Awal dari kisah McDonald’s menjadi restoran cepat saji yang mempunyai outlet di seluruh dunia. Tentu ada beberapa kesulitan saat membangun bisnis McDonald’s. Pastinya banyak hal yang bisa kamu pelajari saat menonton film ini. Kamu bisa menyaksikan The Founder di First Media dengan berlangganan Lionsgate Play. Saat ini langganan Lionsgate Play di First Media ada promo berlangganan di bulan pertama hanya Rp. 1000. Upgrade juga Set Top Box kamu Ke SmartBox X1 dan nikmati tayangan dengan kualitas gambar jernih hingga 4K serta fitur canggih Google Chromecast.

Untuk kamu yang belum menjadi pelanggan First Media, saat ini First Media punya promo Internet dan TV kabel yang bisa kamu nikmati dengan berbagai macam keuntungan, mulai dari Xtra Speed Upgrade, bebas akses semua TV Channel selama 6 bulan hingga gratis First+ Cloud 20GB selama 12 Bulan. Yuk langganan First Media sekarang.

Share :

You might also like :

5 Fakta Menarik Alice in Borderland, Season 2 Sudah Tayang!
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .