a12ad77d-168f-455f-9469-1bbe7acf818d

Tips Menjalani Interview Kerja!

Tips Menjalani Interview Kerja!

Interview kerja merupakan salah satu bagian terpenting yang memengaruhi kesempatan kamu untuk diterima di suatu pekerjaan

Untuk mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang memang semakin sulit, banyak tahapan yang harus kamu lewati untuk dapat diterima kerja. Salah satu yang tahapan paling sulitnya adalah interview, menjalani interview kerja bukanlah sesuatu yang mudah, karena di tahap tersebut kamu akan diuji oleh recruiter atau HR yang akan menentukan kamu cocok atau tidak bekerja di tempat tersebut. Interview akan terasa lebih sulit apabila kamu tidak menyiapkan beberapa hal yang akan membantu kamu dalam menjalaninya. Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan agar memperlancar interview kamu. 

1. Memahami perusahaan serta posisi yang kamu lamar

Sebelum interview, bisa sehari atau dua hari sebelumnya kamu harus mempelajari terlebih dahulu tentang posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Dari segi posisi, kamu bisa baca lagi tentang job desc dan job requirement yang diinginkan untuk posisi tersebut, lalu kamu bisa mempersiapkan jawaban-jawaban yang cocok dengan kedua hal tersebut berdasarkan pengalaman yang kamu punya. Lalu dari segi perusahaan, kamu bisa mulai masuk ke situs resmi perusahaan, mulai mempelajari tentang perusahaan tersebut dari mulai visi misi, produk atau jasa yang mereka jual, kompetitor dari perusahaan tersebut, dan kamu juga bisa menyiapkan rekomendasi bagi perusahaan tersebut. Kamu juga bisa melihat budaya dari perusahaan mereka melalui social media dan lainnya.

2. Jawablah pertanyaan yang ditanyakan saja

Ketika menjawab pertanyaan dari interviewer usahakan tidak usah berbelit belit. Langsung saja jawab apa yang ditanyakan dan tidak usah menambah

penjelasan yang tidak ditanyakan. Hal tersebut terkadang akan menjadi bumerang bagi kamu, karena membuka kesempatan bagi para interviewer untuk bertanya hal lain berdasarkan jawaban kamu. Perkecil kesempatan interviewer untuk bertanya hal-hal yang tidak kamu siapkan.

3. Berpakaian sesuai dengan budaya kantor, sopan dan rapi

Hal ini sebenarnya merupakan suatu hal yang sangat dasar namun memiliki dampak yang besar dalam memperbesar kesempatan kamu diterima. Dari pakaian, interviewer dapat mengetahui bagaimana diri kamu secara sekilas, dan pastinya pakaian yang rapi dan sesuai dengan tempat kerja juga akan membuat kamu terlihat lebih cocok di bekerja di tempat tersebut.

4. Datang tepat waktu

Ketepatan waktu merupakan hal yang sangat penting ketika sudah mulai bekerja, maka dari itu hal ini akan sangat diperhatikan. Karena jika dari masa interview saja kamu sudah telat, maka hal tersebut tidak akan menjadi kesan yang bagus bagi para interviewer. Kamu bisa datang 15-20 menit lebih awal sebelum interview dimulai. Dalam waktu tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan diri kamu lagi, agar begitu mulai interview kamu sudah siap dengan segala yang akan terjadi.

5. Perjelas value yang kamu miliki

Sebelum interview kamu harus tahu secara jelas tentang apa yang akan kamu unggulkan dari diri kamu. Persiapkan secara matang dari mulai pengalaman kamu, pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar, prestasi yang pernah kamu capai dalam pekerjaan atau pengalaman kamu sebelumnya. Keunggulan-keunggulan kamu tersebut akan membantu kamu dalam menempatkan diri di atas kandidat lainnya saat interview.

Gimana pendapatmu terkait tips diatas? Pastinya sangat berguna dong buat kamu yang akan melakukan interview!. Nah supaya lancar mempelajari banyak hal baru lainnya, kamu bisa menggunakan paket internet termurah cepat dan unlimited beneran tanpa batas! Agar tetap lancar main sosial media tanpa gangguan internet! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kota daerahmu seperti internet provider Jakarta dan masih banyak promo lainnya!

Share :

You might also like :

Daftar Pemenang Penghargaan Piala Dunia 2022
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .