Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah dan ampunan ini menjadi waktu yang tepat untuk umat muslim meningkatkan ibadah dan juga menjadi sarana untuk membentuk disiplin diri, meningkatkan kesadaran akan kebaikan dan kesehatan, memperkuat hubungan sosial serta masih banyak lainnya. Selain itu, di bulan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan positif. 

Apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan? Simak penjelasan berikut ini! 

Bersedekah

Kamu bisa memperbanyak sedekah di bulan ini dengan memberi sedekah kepada yang membutuhkan. Kamu bisa bersedekah dengan membagikan takjil, makanan dan lainnya bersama kerabat kamu atau sendiri. Selain itu saat ini juga sudah banyak platform donasi yang disediakan pemerintah maupun badan amal yang bisa kamu lakukan secara online. Pastikan kamu memilih platform aman dan terpercaya.

Membaca Al-Qur’an 

Kamu juga bisa memperbanyak membaca Al-Qur’an dan memperdalam pengetahuan tentang Al-Qur’an. Kamu bisa memanfaatkan waktu setiap harinya untuk membaca dan mempelajari arti dari setiap ayatnya. Sepulang dari tarawih kamu bisa membaca Al-Qur’an juga bersama-sama. Saat ini juga sudah banyak aplikasi Al-Qur’an digital yang tersedia di smartphone, sehingga bisa membacanya kapanpun. Kamu bisa memanfaatkan koneksi internet juga agar bisa lancar mendownload dan membaca Al-Qur’an menggunakan aplikasi. 

Menjaga Kesehatan

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan. Hal ini juga sangat penting terutama bagi yang berpuasa dan melakukan aktivitas yang cukup padat setiap harinya. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan, menjaga pola makan, menghindari makanan yang tidak sehat agar kamu bisa tetap bugar selama berpuasa.

Menjalin Silaturahmi

Kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk saling bersilaturahmi dengan teman-teman, keluarga, kerabat dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan waktu berbuka puasa bersama, sahur bersama untuk kegiatan silaturahmi. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk menghubungi keluarga di luar kota melalui aplikasi zoom atau google meet

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa Ramadhan yang Luar Biasa!

Kajian Online

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan dan menonton kajian online. Dengan koneksi internet rumah kamu juga tidak usah khawatir kuota kamu habis saat menonton kajian online di platform seperti YouTube atau aplikasi streaming lainnya. 

Gimana? Itulah beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadhan. Dengan melakukan kegiatan diatas, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup dan menambah kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini. Untuk melaksanakannya tanpa perlu khawatir kuota habis, kamu bisa langganan paket wifi dari First Media. Yuk langganan provider internet rumah dari First Media sesuai kebutuhan kamu dan keluarga sekarang juga!