Ini Tempat Terbaik untuk Meletakkan Router WiFi di Rumah

Ini Tempat Terbaik untuk Meletakkan Router WiFi di Rumah

Sudah memasang router dan beli paket WiFi, tetapi jaringannya sering lemot? Pasti rasanya menjengkelkan banget. Semua kegiatan yang butuh sinyal internet seperti streaming, download file, main video game,atau sekadarscroll media sosial jadi terasa melelahkan karena koneksi WiFi rumah yang super lelet. Lemahnya jaringan WiFi tersebut memang bisa disebabkan oleh kondisi cuaca atau jumlah perangkat yang turut menggunakannya, tetapi tentu bukan cuma itu saja. Nyatanya letak router WiFi juga sangat berpengaruh terhadap kuat atau tidaknya sinyal internet yang terpancar. Nah, buat kamu yang punya kendala WiFi lemot, atau kamu yang baru berencana ingin pasang WiFi di rumah, cek beberapa tempat terbaik untuk meletakkan router WiFi di bawah ini:

Di Tengah Ruangan

Bukan di luar atau di pojok rumah, meletakkan router WiFi yang paling baik adalah di tengah-tengah ruangan. Dengan begitu, sinyalnya dapat dengan mudah menyebar ke seluruh penjuru rumah. Pastikan pula jangkauan router tersebut dekat dengan ruang kerjamu, ya.

 

Hindari Dinding atau Hambatan Lain yang Tebal

Karena WiFi menggunakan gelombang radio, tentu sinyalnya akan sangat mudah melemah apabila terhalang oleh dinding, lantai, atau hambatan-hambatan lain yang berukuran tebal. Semakin banyak dinding yang menghalangi jarak ruanganmu dengan tempat router WiFi berada, maka semakin melambat pula koneksi internet yang dihasilkan.

Semakin Tinggi, Sinyalnya Semakin Kuat

Agar mendapat cakupan sinyal yang kuat dan stabil, sebaiknya letakkan router di tempat dengan posisi tertinggi. Kamu bisa menyimpannya di atas rak, lemari, atau di atas dinding.

Jauhkan dari Benda-benda Elektronik

Beberapa alat rumah tangga seperti microwave yang juga menangkap gelombang elektromagnetik ternyata bisa mengacaukan sinyal yang keluar dari router WiFi. Oleh karena itu, jauhkan router dari semua barang elektronik lainnya; baik yang mengandung logam, stainless-steel, bahkan kaca/cermin.

Sesuaikan Antena Router

Selain memperhatikan tempat pemasangan router WiFi, jangan lupa atur posisi antena di router itu sendiri. Antena router pun turut berperan penting dalam menyebarkan sinyal internet. Kalau router hanya memiliki satu antena, pastikan posisi antena tegak lurus ke atas. Kalau ada dua antena, kamu bisa mengatur salah satunya tetap tegak lurus; dan satu lainnya dalam posisi menyamping. Pastikan kedua antena tidak berada dalam posisi yang sama, ya.

Itulah beberapa tempat terbaik di dalam rumah untuk meletakkan router WiFi agar koneksi internet yang didapatkan selalu stabil dan lancar. Atau kamu masih mencari-cari provider penyedia layanan WiFi yang cocok? Kamu bisa coba menggunakan layanan high speed internet dari First Media. Dengan kecepatan internet hingga 250 Mbps dan tanpa batasan kuota, nikmati kelancaran berbagai aktivitas dalam tiap kondisi cuaca, di mana pun dan kapan pun tanpa khawatir kendala buffering atau koneksi yang terputus tiba-tiba. Agar lebih hemat, kamu bisa berlangganan paket bundling internet dan layanan TV kabel berkualitas HD sesuai kebutuhan. Yuk, temukan paket yang tepat untuk kamu di sini, dan segera dapatkan semua keuntungannya!

Share :

You might also like :

Mudah Banget, Begini Cara Mengganti Background Zoom di Hp dan PC
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close