LMS, Platform Canggih Tingkatkan Profesionalitas Mengajar

Salah satu langkah untuk mempermudah para guru membuat kelas e-learning mereka adalah dengan platform LMS, bagaimana LMS bekerja meningkatkan profesionalitas mengajar?

Survei terbaru yang dikutip dari laman Family Education mengungkap bahwa 75% pengajar khawatir akan pembelajaran online berdampak pada kemunduran kelas mereka, walaupun sebagian besar guru percaya bahwa mereka akan dapat memperbaiki keadaan ini.  

Sekolah modern ini harus lebih sadar bahwa e-learning akan menjadi bagian kebutuhan primer pendidikan saat ini dan di masa depan. Aplikasi manajemen pembelajaran atau Learning Management System (LMS) telah diperkenalkan beberapa bulan ini menjadi salah satu langkah untuk mempermudah para guru membuat kelas e-learning mereka.

Pengajar diwajibkan menjalankan proses belajar mengajar, tugas, nilai, ujian sekolah, ujian umum negara. Bagi guru, tugas ini merupakan sesuatu yang cukup menyita waktu dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuat para pengajar termotivasi dengan LMS.

Tuntutan Melahirkan Siswa Berprestasi

Penting bagi siswa untuk mengembangkan sikap positif, menetapkan tujuan, dan menetapkan harapan yang tinggi. Dengan metode pengajaran yang efektif, siswa akan semakin menunjukkan minat dan bakat yang jelas. Sehingga guru dapat dengan mudah dalam menentukan arah didikannya.

Platform e-learning memungkinkan guru untuk tetap terhubung dengan siswa mereka di luar jam sekolah untuk bertukar materi belajar, baik dalam bentuk video maupun gagasan.

Platform ini memungkinkan guru untuk membantu siswa mereka di luar kelas dan memberi arahan seputar mata pelajaran tambahan seperti seni, menyanyi, dan memasak. 

Manfaat LMS lainnya bagi guru adalah tersedianya berbagai macam bahan ajar dalam berbagai bentuk, teks, video, presentasi, dan kuis dapat mereka olah kembali sesuai dengan metode pengajaran mereka atau gaya belajar siswa.

Platform ini juga mampu memberikan transparansi yang lebih kepada orang tua dalam setiap aktivitas sekolahnya sehingga terbentuk komunikasi sinergis antara sekolah, guru dan orang tua.

LMS memberi ruang kepada guru untuk memimpin siswa menuju kesuksesan baik selama dan setelah sekolah. Hal ini tentu mewujudkan sekolah dalam mencetak lulusan terbaik melalui pola belajar yang sedemikian efektif.

Manfaat LMS untuk Meningkatkan Profesionalitas Mengajar

Guru memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Hal ini menyebabkan sebagian tenaga pendidik tidak menempatkan prioritasnya pada pengembangan diri maupun profesi karena terkendala waktu.

LMS membantu guru untuk menghemat waktu dan memungkinkan mereka untuk fokus pada pengembangan diri mereka sendiri. 

Berikut adalah beberapa area di mana platform LMS mendukung pendidik dalam meningkatkan pengembangan profesional mereka:

Kreativitas  – Setiap hari guru ditantang untuk menjadi lebih fleksibel dan kreatif untuk menarik perhatian siswa mereka. Platform ini memampukan berbagai guru dengan mudah menemukan  pelatihan online untuk mengembangkan proses berpikir kreatif para pendidik.

Umpan balik – Manfaat penting lainnya dari LMS bagi guru adalah kesempatan untuk menerima respon dari sekolah, siswa atau orang tua sehubungan dengan gaya mengajar yang diterapkan. Dengan cara ini, guru akan mendapatkan perspektif baru yang mampu memberikan peningkatan pada kualitas ajar.

Membangun komunitas  – Platform online memungkinkan pendidik untuk tetap terhubung dengan rekan kerja dari mana saja, serta untuk berbagi ide dan mendapatkan inspirasi.

Pembelajaran seumur hidup – LMS memberi ruang bereksplorasi bagi guru, seperti memampukan pengajar untuk membuat rekaman audio atau video dari pelajaran mereka, kemudian menonton dan menganalisis kembali rekaman tersebut. Platform LMS adalah salah satu saluran yang dapat digunakan pendidik untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mereka selama mereka mengajar.

First Klaz untuk Pola Belajar yang Efektif

First Klaz dari Link Net memberi jawaban atas apa yang dibutuhkan sekolah untuk menghadirkan guru dan siswa yang berkompeten.  

Dalam pelaksanaanya, sekolah akan mengatur administrasi (Kelas & User), dashboard yang dilengkapi dengan teknologi AI untuk membuat proses belajar dan mengajar semakin efektif.

Saat ini pengajar bisa lebih fokus pada proses belajar mengajar karena LMS First Klaz dilengkapi dengan notifikasi chat, analisis dan laporan, forum belajar dan bank materi yang dapat meningkatkan standar mutu dan efektivitas belajar dengan teknologi yang eksklusif.

Untuk membantu guru mengembangkan kreativitas mengajar serta menghadirkan lulusan terbaik, sekolah harus melihat betapa platform LMS First Klaz dari Link Net membantu segala aktivitas pendidikan. Informasi lebih lanjut tentang First Klaz bisa diperoleh disini.

Share :

You might also like :

6 Serial Webtoon yang Wajib Kamu Baca Sampai Tuntas!
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close