2d7d0b04-2d06-4878-8d57-5964902bf5ae

Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal, Harus Bagaimana ya?

Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal, Harus Bagaimana ya?

Per 30 April, siaran TV analog dihentikan ke digital. Gimana kalau TV digitalmu tidak ada sinyal? Simak jawabannya di sini!

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021, siaran TV analog mulai dihentikan secara bertahap untuk kemudian diubah secara total menjadi siaran digital. Pada tanggal 30 April 2022 lalu, penghentian siaran analog tahap pertama sudah dilakukan di beberapa daerah seperti wilayah siaran Riau-4, Papua Barat-1 di Kota Sorong, dan daerah lain.

Kondisi ini tentu akan memaksa masyarakat untuk mulai mempersiapkan diri beralih ke siaran digital, misalnya dengan menggunakan alat tambahan berupa Set-Top-Box (STB) untuk TV yang belum mendukung siaran digital. Sementara, jika TV milikmu sudah mendukung siaran ini, kamu hanya perlu melakukan perubahan pada pengaturannya dengan memilih siaran digital.

Namun, bagaimana ya jika layar TV justru menampilkan tulisan “tidak ada sinyal”? Jangan panik dulu, karena kondisi ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:

Kualitas Antena

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adanya kualitas antena yang kamu gunakan. Jika kamu berada di lokasi dengan banyak rumah tingkat di sekitarmu, ada baiknya hindari menggunakan antena berukuran kecil karena kemampuan penarikan sinyalnya lebih lemah. Sebaiknya gunakan antena biasa yang sudah mendukung sinyal digital karena memiliki daya tangkap lebih besar.

Posisi Antena

Beda arah beda juga penangkapan sinyalnya. Cobalah untuk memutar-mutar posisi antena untuk mengetahui arah antena yang paling bagus menangkap sinyal. Bahkan, meskipun kamu hanya memutarnya sedikit saja pengaruhnya bisa sangat besar. Selain itu, hindari memasang antena di dekat antena digital lainnya. Sebab salah satu antena mungkin akan gagal menangkap sinyal karena kalah dengan antena satunya.

Masalah pada Jack

Cobalah periksa jack atau bagian penghubung antara antena dengan STB/TV digital. Jika komponen jack ini mengalami kerusakan, baik kotor, karat, atau penyok, akan menyebabkan jack tidak dapat menempel sempurna. Dampaknya sinyal yang dikirimkan ke STB/TV Digital tidak akan maksimal. Selain kondisi jack, pastikan juga bahwa kabel antena yang digunakan masih dalam kondisi baik tanpa kerusakan.

Setting STB

Berbeda dengan TV yang sudah mendukung siaran digital, untuk kamu yang menggunakan STB mungkin harus memahami penggunaannya terlebih dahulu. Pelajari buku manual yang disediakan untuk mengetahui pengaturan yang harus dilakukan. Sebab, setiap merek STB mungkin memiliki pengaturan yang berbeda.

Nah, jika kamu adalah tipe yang tidak mau ribet dan suka segala hal yang praktis, lebih baik jika menggunakan TV kabel di rumahmu. Siaran TV kabel seperti dari First Media sudah pasti mendukung siaran digital tanpa kamu repot melakukan berbagai pengaturan. Sebab, tim dari First Media yang akan mengurus semuanya. Tidak hanya itu, channel yang bisa kamu dapatkan jauh lebih beragam dengan kualitas gambar terbaik. Dijamin kamu tidak akan kehabisan tontonan saat berada di rumah.

Share :

You might also like :

Bisakah Melakukan Resize Image Tanpa Mengurangi Kualitas?
First Media Gelar Cooking Class First Prioritas Cl...
. . .