Sosial Media untuk Market, Mana Ya Platform yang Terbaik?

Mau memasarkan usahamu lewat sosial media? Yuk, ketahui platform mana yang terbaik!

Berdasarkan situs smartinsight.com 58,4% populasi di dunia menggunakan sosial media. Maka wajar saja jika saat ini sosial media menjadi media pemasaran yang banyak dipilih oleh brand besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bahkan, melansir dari situs hootsuite, berdasarkan hasil survei yang dilakukan bersama We Are Social Digital pada Tahun 2021 lalu, didapatkan hasil 53,2% generasi muda dalam rentang usia 16-24 tahun memilih sosial media untuk melakukan research atas suatu produk sebelum membelinya. 

Nah, untuk kamu yang memiliki sebuah usaha dan sedang berencana untuk memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran mungkin masih bingung, platform mana ya yang sebaiknya dipilih? Apalagi mengingat platform sosial media ada cukup banyak.

Berdasarkan data hasil survei Hootsuite, berikut ini adalah platform sosial media yang banyak dipilih untuk memasarkan produknya, yaitu:

  • Facebook (62%)
  • Instagram (49%)
  • LinkedIn (40%)
  • Twitter (39%)
  • Youtube (34%)
  • TikTok (24%)
  • WhatsApp (19%)

Jika melihat data di atas, pastinya banyak orang yang akan langsung memilih facebook sebagai media pemasarannya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata meskipun persentasenya masih sangat tinggi dan menduduki peringkat satu, ternyata angka ini lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Lalu platform apa yang mengalami kenaikan?

Sebenarnya kamu pasti sudah bisa menebaknya, mengingat platform atau aplikasi ini sangat sering disebutkan bahwa di sosial media lainnya. Yap, jawabannya adalah TikTok. Sosial media ini sekarang sedang banyak diminati oleh kalangan muda hingga orang dewasa sekali pun. Baik untuk upload video hiburan, informasi, pemasaran produk, dan sebagainya. Terlebih lagi dengan banyaknya video viral yang berasal dari TikTok membuat sosial media ini semakin terkenal.

Menurut hasil survei hootsuite di atas, tahun sebelumnya TikTok hanya meraih 3% dari total peserta survei dan pada tahun ini naik menjadi 24%. Tidak hanya itu, berdasarkan situs blog.hubspot.com, TikTok adalah sosial media non facebook pertama yang berhasil di-download sebanyak 3 juta pengguna secara global. Sosial media ini juga menjadi aplikasi yang paling banyak di-download selama tahun 2020 dan semakin banyak user yang menjadikannya sebagai platform hiburan dan pemasaran.

Nah, berdasarkan informasi dan hasil survei di atas, saatnya kamu memutuskan platform sosial media apa yang kamu pilih untuk memasarkan produkmu. Namun jangan lupa, pastikan konten yang kamu buat kreatif dan menarik. Jadi platform sosial media apapun yang kamu pilih bisa efektif membantumu memasarkan produk. Supaya proses upload konten berjalan lancar, jangan lupa juga gunakan koneksi internet lancar dari First Media

Semoga usahamu berjalan lancar, ya.

Share :

You might also like :

Game Sederhana untuk Mengasah Kemampuan Berpikir
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close